D-ONENEWS.COM

Sapi Sumbangan Presiden Disembelih H+1 Idul Adha di Masjid Al Akbar, Sholat Ied Berjamaah Daftar Lewat Daring

Surabaya,(DOC) – Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Akbar Surabaya berjalan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, Jumat(31/7/2020) pagi.

Selain menggunakan masker dan cek suhu badan, para jemaah harus mendaftar dulu melalui daring di awal Juli untuk mengikuti sholat Idul Adha berjamaah di Masjid Al Akbar.

Kapasitas masjid Al Akbar yang biasanya dapat menampung 40 ribu jemaah, pada moment kali ini berkurang drastis lantaran penerapan phisycal distancing. Masing-masing shaft para jamaah di beri jarak satu meter, sehingga kapasitas masjid Al Akbar hanya bisa menampung 5 ribu jamaah saja yang terdiri dari 2.691 jamaah laki-laki dan  2.309 jamaah perempuan.

Turut hadir sebagai jemaah sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Akbar, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kesempatan itu, Khofifah meminta masyarakat Jawa Timur untuk ikhlas dan berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan berakhirnya.

“Hari ini nilai kejuangan, keikhlasan menjadi bagian yang sangat penting, karena kita harus sama-sama bersabar bahwa sampai hari ini kita tidak tahu sampai kapan pandemic Covid-19 akan selesai,” ucap Khofifah.

Khofifah juga meminta masyarakat untuk secepatnya beradaptasi dengan format kehidupan baru ditengah pandemi ini.

Keadaan seperti ini, lanjut Khofifah, dihadapi seluruh warga dunia.

“Maka proses beradaptasi dengan format kehidupan baru harus dilakukan oleh siapa saja di seluruh dunia. Format yang tadi dilakukan, teman-teman melihat bagaimana shalat Idul Adha di masjid Al Akbar dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, jemaah harus memakai id card dengan beberapa warna untuk menentukan posisi shaft-nya,” kata Khofifah.

Sementara itu, pada hari raya kurban tahun ini, masjid Agung Al Akbar menerima sumbangan hewan kurban sebanyak 96 ekor, terdiri dari 26 ekor sapi dan 70 ekor kambing.

Sapi super jenis ongole hasil sumbangan Presiden Joko Widodo seberat 1 ton 40 kilo yang diambil dari peternak Gresik juga akan disembelih bersama hewan kurban lainnya pada Sabtu(1/8/2020) besok.

Begitu juga dengan sapi super hasil sumbangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan berat 1 ton 10 kilo itu, dari peternak Lamongan, yang juga akan disembelih pada H+1 hari raya Idul Adha.

“Pemotongan akan berlangsung pagi jam 09.00 Wib. Nanti pembagian daging kurban akan di kirim ke rumah-rumah warga,” jelas Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar Surabaya.

Pihak panitia masjid Al Akbar sudah memiliki data warga yang berhak menerima pembagian daging kurban. Menurut Helmy, di masjid Al Akbar sendiri tidak membuka antrian pembagian daging untuk menghindari kerumunan warga.

“Tidak ada pembagian daging di masjid. Daging kurban yang di bungkus dengan besek akan dikirim, menghindari kerumunan orang,” katanya.(hadi/div)

Loading...

baca juga