D-ONENEWS.COM

Seorang Difabel Tertangkal Polisi, Curi Kerikil Ganjal Pintu Rumah

Surabaya,(DOC) – Seorang pria berinisial I warga Tambak Wedi Baru, tertangkap kamera CCTV saat mencuri sebuah kado dari salah satu rumah dijalan Platuk Donomulyo V Surabaya, Sabtu(6/7/2019) lalu. Kado tersebut dikira berisi kepingan uang recehan yang ternyata isinya batu kerikil untuk ganjal pintu.

Dalam kamera CCTV itu nampak jelas petunjuk kotak kado ditambah ciri khusus bagian tubuh disabilitas pada diri pelaku. Sehingga dengan mudah penyidik Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak menangkapnya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Antonius Agus Rahmanto, mengatakan, melalui rekaman CCTV penyelidikan membuahkan hasil. Pelaku memiliki ciri khusus dan jelas membawa kotak kado keluar dari rumah korban.

“Setelah mempelajari rekaman CCTV, penyidik melakukan penyelidikan dan mengerucut satu pelaku. Orangnya disabilitas dengan satu tangan. Pelaku jelas membawa kotak kado berisi batu yang sebenarnya untuk ganjal pintu,” ujarnya, Kamis(18/7/2019)

Agus menjelaskan, pelaku telah mengakui sudah dua kali membobol rumah tersebut. Pertama hasilnya berupa laptop yang langsung dijual di daerah Gembong. Kemudian, dia membobol rumah lagi. Ternyata membawa kabur kotak kado berisi batu kerikil yang dikira oleh pelaku berisi uang recehan.

“Kotak ini digunakan pemilik rumah untuk ganjal pintu. Isinya kerikil dibungkus kado rapi. Dia pikir isinya uang receh,” katanya.

Pelaku yang dijerat pasal 363 KUHP ini mengaku dalam aksinya selalu dilakukan malam hari. Dia menunggu melihat pemilik rumah tidur dan masuk lewat jendela yang tidak dikunci.

“Saya kira tidur, terus saya masuk lewat jendela yang terbuka. Laptopnya saya jual di Pasar Gembong. Laku Rp 1 juta buat beli makan,” kata pelaku.(hadi/r7)

Loading...