D-ONENEWS.COM

Serahkan Santuan ke Ahli Waris Korban Erupsi Semeru, Mensos: Pengungsi Harus Tetap Produktif

Lumajang,(DOC) – Untuk kesekian kalinya Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau posko pengungsian korban erupsi Semeru di Lapangan Penanggal, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (21/2/2022).

Pada kunjungan kali ini, Mantan Wali Kota Surabaya ini hendak mengetahui progress pengungsi Semeru, sekaligus memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat dampak awan panas guguran Gunung Semeru tahap II.

Di dalam posko, Mensos sempat berdialog dengan sejumlah warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Ia berharap agar para pengugsi tetap bisa produktif, untuk pemulihan ekonomi keluarga, terutama saat menempati Huntara nanti.

“Nanti ada pelatihan, dan akan bantu memasarkan meskipun saya tidak ada disini, karena bisa pakai online untuk memasarkan,” terangnya.

“Kalau bapak bekerja, dan ibu bisa ikut membuat produk, saya akan membantu memasarkan supaya bisa usaha selain itu tetapkan menerima bantuan sosial,” imbuh Risma.

Usai memberikan santunan ahli waris, Mensos juga mengunjungi sejumlah pedagang makanan dan minuman dilokasi pengungsian. Selain itu Risma juga menuju dapur umum yang didirikan Siaga Bencana (Tagana).

Mensos Risma mengatakan, tercatat 24 orang ahli waris korban erupsi Gunung Semeru yang menerima santunan, masing-masing sebesar Rp. 15 juta. Kemudian menyerahkan bantuan sembako.

“Tadi ada 24 orang dan kemarin 17 orang ahli waris, nanti kita improve terus supaya mereka bisa untuk percepatan pemulihan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Penyaluran santunan ini, kata Mensos, merupakan kali kedua dan masih akan berlanjut untuk para korban erupsi Gunung Semeru yang ngungsi diluar kota.

“Memang sampai sekarang ada yang belum selesai karena ada yang mengungsi di rumah keluarganya dan di luar kota Lumajang. Nanti kalau sudah ketemu dan bisa komunikasi lagi, santunan itu akan diberikan lagi,” papar Mensos.(imam/r7)

 

Loading...

baca juga