D-ONENEWS.COM

Serbuan Teritorial, Kodam V/Brawijaya Gelar Lomba PBB Tingkat SLTA

Surabaya,(DOC) – Gor Hayam Wuruk, Makodam V/Brawijaya, tampak terlihat ramai dari biasanya. Pasalnya, di lokasi itu, telah berlangsung perlombaan baris-berbaris tingkat SLTA se-Jatim.
Asisten teritorial Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. I. P, M. M, mengatakan jika perlombaan itu sengaja digelar oleh dirinya guna meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme di dalam diri kalangan pelajar di Jawa Timur.
“Kegiatan ini juga sangat positif guna membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi, terutama pergaulan bebas, peredaran narkoba hingga paham-paham yang mampu menggerus nilai-nilai nasionalisme,” ujarnya, Sabtu(21/9/2019).
Sebelumnya, ujar almamater Akademi Militer tahun 1997 ini, pihaknya telah menggelar technical meeting sepekan sebelum pelaksanaan lomba PBB. technical meeting itupun, turut diikuti oleh masing-masing Perwira staf teritorial di masing-masing Kodim di wilayah Kodam V/Brawijaya.
“Ada beberapa kriteria yang sudah kami tentukan, termasuk diantaranya gerakan-gerakan PBB, kreatifitas formasi dan variasi gerakan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta,” jelasnya. “Inovasi peserta pun masuk dalam kategori panitia, misalkan mengkombinasikan gerakan-gerakan PBB dengan tarian-tarian daerah, semangat tinggi, militansi, sorot mata hingga gerakan tangkas para peserta,” imbuh Kolonel Singgih.
Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengapresiasi perlombaan yang digelar oleh pihak Staf Teritorial tersebut. Bahkan, pihaknya juga berencana menggandeng Kodam V/Brawijaya dalam upaya pembinaan pelajar di Jawa Timur.
“Kami berharap peran Kodam dalam pembinaan generasi muda terus dilanjutkan. Sehingga, kualitas pemuda dan pelajar di Jawa Timur bisa semakin baik. Selama ini, Kodam hingga Kodim, aktif memberikan kegiatan wawasan kebangsaan dan bela negara di seluruh sekolahan di Jawa Timur,” ungkap salah satu staf Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini.
Lomba yang diikuti oleh 35 tim dari masing-masing SLTA di Jawa Timur itu, terbagi menjadi 2 kategori. Selain tingkat regu, pihak panitia juga melakukan penilaian di tingkat Danton terbaik dan variasi formasi terbaik.
Alhasil, event tersebut berhasil dijuarai oleh SMU Hang Tuah 5 Candi, Sidoarjo. Untuk kategori variasi formasi terbaik, berhasil diraih oleh SMU Karang Rejo, Kabupaten Tulungagung. Sedangkan kriteria Danton terbaik, berhasil ditempati oleh Dion Marsel Hermawan, siswa SMU Hang Tuah 5 Candi, Sidoarjo.(dre)

Loading...