D-ONENEWS.COM

Setiap Liburan, Sungai Kalimas Jadi Jujugan Wisatawan Asing dan Domestik

Surabaya,(DOC) – Minat wisatawan asing dan domestik kian meningkat mengunjungi bantaran sungai Kalimas Surabaya sekitar museum Monumen Kapal Selam (Monkasel). Mereka terpikat dengan beraneka ragam ornamen-ornamen lampion yang dipasang oleh Pemkot Surabaya di sepanjang Sungai Kalimas.

Lampion yang selalu dipasang tiap tahun dengan berganti-ganti desain dengan warna-warni yang indah, membuat para wisatawan kian kerap berkunjung untuk berswa foto.

Salah satunya yakni, Terry Susanto pengunjung asal Kota Pontianak, ia mengaku sengaja ingin menikmati liburan bersama keluarga di Surabaya. Terry pun terkesima dengan keindahan estetika kota yang dinilai menarik. Apalagi, adanya lampion hias warna-warni semakin menambah kesan indah Sungai Kalimas.

“Keberadaan lampu hias itu, jadi semakin memperindah dan memberikan nilai estetika sendiri, didukung juga dengan adanya Patung Suro dan Boyo,” kata Terry saat berswa foto di area Skate & Bmx Monumen Kapal Selam (Monkasel), Selasa(5/2/2019).

Terry mengaku, baru pertama kali ini berkunjung ke Kota Surabaya. Menurutnya, berbagai ornamen lampion yang dipasang di sepanjang Sungai Kalimas, semakin menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Pahlawan, terutama warga yang bukan berasal dari Surabaya. Saat pertama menginjakkan kaki di area ini, Terry bersama keluarga pun langsung mengambil kamera handphone untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.

“Yang dikerjakan Pemkot Surabaya saya rasa semakin menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Surabaya, terutama warga yang bukan asli Surabaya,” ujar pria asli Pontianak ini.

Hal yang sama juga diungkapkan pelajar asal SMK Kawung Surabaya Afifah, ia bersama keempat temannya sengaja datang ke arena Skate & Bmx untuk menikmati liburan, sekaligus berswa foto. Pelajar kelas 10 ini pun terkesan dengan suasana Sungai Kalimas yang dinilai instagramable. “Pemandangan lampionnya indah, bagus buat foto-foto di Instagram,” kata Afifah.

Lampion warna-warni dengan berbagai bentuk itu, terpasang di sepanjang Sungai Kalimas. Dengan pemasangan lampion warna-warni itu, estetika Sungai Kalimas semakin nampak cantik. Ditambah bentuknya yang unik, semakin menarik minat masyarakat untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser mengatakan pemasangan lampion hias itu bertujuan untuk menambah kesan estetika kota agar lebih menarik. Ia mengaku, pemasangan lampion itu sesuai dengan arahan dari Wali Kota Risma, yang ingin agar Sungai Kalimas semakin bersolek dengan adanya ornamen-ornamen hias.

“Bentuk lampionnya bermacam-macam, ada kupu-kupu, payung, bahkan ada yang bentuknya hewan buaya, tujuannya tidak lain untuk menambah estetika Sungai Kalimas agar lebih indah,” kata Fikser.

Fikser menambahkan, sebetulnya pemasangan lampion itu sudah setahun yang lalu dilakukan, namun ia mengaku, setiap hari pihaknya rutin melakukan pengecekan jika ada lampion yang rusak atau kondisi lampunya mati. Bahkan, menurutnya, pemasangan lampion itu akan terus dilakukan, agar semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Surabaya.

“Jadi saat ini pemasangan lampion itu tidak hanya untuk menyambut momen-momen tertentu, lampion itu akan terus kami pasang untuk menambah kesan estetika Sungai Kalimas agar semakin indah,” pungkasnya.(robby/r7)

Loading...

baca juga