D-ONENEWS.COM

Jakarta Ke Surabaya PP Lewat Jalan Tol Cuma Butuh Sekitar Rp 2 Juta

Surabaya,(DOC) – Jika mobilitas anda tinggi diantara kota Jakarta ke Surabaya, maka anda kini sudah dimudahkan dengan keberadaan tol Trans Jakarta – Surabaya.

Meskipun biaya tol lumayan mahal, namun anda bisa menekan biaya lainnya yang dihitung secara global jatuhnya lebih murah, apabila berangkat secara rombongan.

Biaya tol yang harus dikeluarkan dari Surabaya sampai Jakarta yakni sekitar Rp. 700 Ribu.

“Dihitung saja kalau PP. Ya sekitar Rp. 1,3 Juta,” ungkap Setia seorang pebisnis yang sering bolak-balik Jakarta-Surabaya.

Biaya yang bisa ditekan dalam perjalanan Surabaya ke Jakarta, dengan adanya tol Trans Jawa, kata Dia, yaitu biaya makan dan jajan.

“Di tol kan gak ada macet dan orang berjualan. Jadi kita bisa irit untuk jajan dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Kita bisa estimasi, jarak tempuh sekitar 8-10 jam, kita makan berapa kali,” jelasnya.

Untuk kebutuhan bahan bakar, lanjut Setia, juga dianggap lebih irit, karena tidak ada macet. Menurut perempuan berjilbab ini, kalau menggunakan mobil minibus, butuh bahan bakar sekitar 30 literan. Sehingga PP butuh sekitar 60-70 liter.

“Nominalnya tergantung bbm kendaraan yang digunakan. Kalau pakai solar pasti lebih murah. Kalau saya PP Jakarta – Surabaya cuma habis BBM Rp. 700 ribu an, karena saya pakai solar dengan CC besar. Tapi kalau dibanding naik transportasi umum dengan rombongan, jatuhnya lebih murah,” katanya.

Dalam setiap perjalanannya Jakarta-Surabaya, dirinya selalu bersama rombongan 5 orang yakni dia(Setia,red), Suaminya dan ketiga anaknya.

Total biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan PP Surabaya-Jakarta, kata dia, hanya butuh Rp. 2 juta saja.

“Iya itu hitungan global saya, tanpa biaya makan. Karena makan bawa dari rumah. Mobil juga lebih awet karena jalanan mulus. Bayangkan kalau saya naik pesawat, KA atau bus dengan 5 orang, mungkin uang Rp. 2 juta, hanya cukup untuk berangkat saja,” pungkasnya.(robby/r7)

Rincian biaya tol dari Jakarta – Surabaya (PP)

Tol Jakarta – Cikampek Rp. 15.000,-

Tol Cikopo – Palimanan Rp. 96.000,-

Tol Palimanan – Kanci Rp. 11.500,-

Tol Kanci – Pejagan Rp. 24.000,-

Tol Pejagan – Pemalang Rp. 57.000,-

Tol Pemalang – Batang Rp. 39.000,-

Tol Batang – Semarang Rp. 75.000,-

Tol Semarang – Solo Rp. 33.000,-

Tol Solo – Ngawi Rp. 90.000,-

Tol Ngawi – Kertosono Rp. 113.100,-

Tol Kertosono – Mojokerto Rp. 46.000,-

Tol Mojokerto – Surabaya Rp. 29.000,-

Total biaya : Rp. 628.600,- 

baca juga