D-ONENEWS.COM

SIAPKAN PEMBEKALAN RELAWAN DEMOKRASI DI WILAYAHNYA, KPU JATIM SUSUN MODUL BERBASIS MUATAN LOKAL

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro Bersama dengan Plt. Kasubbag Teknis & Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) saat ini tengah melakukan penyusunan modul Relawan Demokrasi (Relasi) berbasis muatan kearifan lokal. Penyusunan modul ini dalam rangka mempersiapkan pembekalan Relawan Demokrasi pada Pemilu 2019, yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota di wilayah Jawa Timur.

Hari ini (Selasa, 15/1), Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro bersama dengan staf Subbagian Teknis dan Hupmas KPU Jatim melakukan rapat penyusunan modul Relasi di ruang Media Center.

Besok, pada hari Rabu-Kamis, tanggal 16 sampai dengan 17 Januari 2019, KPU Jatim juga mengundang KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur untuk menyempurnakan penyusunan modul Relasi. “Dua hari besok Kita akan menggelar rakor bersama KPU Kabupaten/ Kota. Pada rakor tersebut Kita akan mencoba menyamakan persepsi dan materi untuk membekali Relasi di Kabupaten/ Kota,” ucapnya (15/1/2019).

Menurut Gogot, modul yang disusun bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota untuk Relasi kali ini berbasis muatan kearifan lokal. Yang sudah tentu materi di dalam modul menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di Jawa Timur.

“Di Jawa Timur ini ada beberapa pembagian budaya, diantaranya ada Madura, Pantura, Tapal Kuda, Arek, dan Mataraman. Dalam rakor besok itu, penyusunan materi modul  akan Kita sesuaikan dengan budaya-budaya yang ada ini,” jelas Gogot.

Diketahui setiap KPU Kabupaten/ Kota merekrut sebanyak 55 orang berdasarkan 10 basis dari 11 basis, seperti basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, serta warga internet (netizen). Rekrutmen hanya berdasarkan 10 basis, karena basis ke-11 adalah Relawan Demokrasi itu sendiri.

(AACS)

 

Loading...

baca juga