D-ONENEWS.COM

Surabaya Kaya Ragam Destinasi Wisata Alam yang Mempesona

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Sekaligus pula ibu kota Provinsi Jawa Timur. Meski telah berstatus Kota Metropolitan, namun ternyata Surabaya memiliki beragam keindahan alam yang cocok dijadikan tempat liburan bareng keluarga. Destinasi wisata alam itu lokasinya tersebar di beberapa wilayah Kota Pahlawan. Penasaran ada apa saja wisata alam yang ditawarkan oleh Kota Surabaya! Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

Romokalisari Adventure Land

Wisata Romokalisari Adventure      Land resmi dilaunching Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pada Minggu (25/9/2022). Destinasi wisata yang berdampingan dengan Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo Surabaya ini, lokasinya berada di pesisir pantai utara Surabaya

Selain lokasinya yang berhadapan langsung dengan laut, Romokalisari Adventure Land juga menawarkan sejumlah wahana yang menarik. Setidaknya ada tujuh macam wahana yang sekarang bisa dinikmati pengunjung. Sejumlah wahana ini terdiri dari Playground, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV, Kano dan Sekoci di mangrove dan Jetski.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan, Romokalisari Adventure Land tak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lain yang ada di luar Kota Surabaya. “Di sini ada tujuh wahana. Ada berkuda, juga ada playground. Jadi ayo coba Adventure Land di Romokalisari yang sangat luar biasa ini,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Sejumlah wahana yang tersedia di sana, juga menawarkan beragam sensasi dengan harga tiket bervariasi. “Ada kapal-kapal yang bisa dinaikin. Jadi banyak pilihannya,” kata Cak Eri panggilan lekat Wali Kota Surabaya.

Dalam pengelolaan Romokalisari Adventure Land, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga melibatkan 100 warga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Mereka merupakan warga Rusun Romokalisari dan dari kelurahan setempat. “Jadi semua hasil penjualan tiket itu diberikan kepada masyarakat Surabaya yang bekerja di sini. Insyaallah ada 100 orang MBR yang bekerja di Romokalisari Adventure Land,” ungkap dia.

Kebun Raya Mangrove

Wilayah pesisir Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang eksotis. Lokasinya membentang mulai dari mangrove Gunung Anyar – Medokan Sawah hingga Wonorejo – Keputih. Hingga sekarang, Pemkot Surabaya terus melakukan penataan sekaligus pengembangan kawasan Pamurbaya.

Bahkan, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, sekarang ini pemkot tengah melakukan penataan sekaligus mengkoneksikan Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah. Pada sisi Mangrove Gunung Anyar, pemkot akan fokus pada wahana wisata perahu atau susur sungai.

Sedangkan di Mangrove Medokan Sawah, pemkot telah melengkapinya dengan sejumlah wahana permainan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Mulai dari sepeda air, ATV, spot foto, hingga wahana perahu atau susur sungai serta kuliner.

“Ini menunjukkan bahwa Surabaya kota kedua terbesar di Indonesia, tetapi ada keindahan alam yang tersimpan di Kebun Raya Mangrove. Baik itu untuk edukasi, penelitian, serta menjadi wisata alam di Surabaya,” jelasnya.

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran

Wajah baru Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya saat ini makin ciamik pasca dilakukan renovasi pada 2021 silam. Bahkan hingga sekarang, pemkot terus mengembangkan salah satu destinasi wisata di wilayah Kecamatan Bulak, Kota Surabaya tersebut.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, dengan berubahnya THP Kenjeran diharapkan dapat semakin memantik wisatawan untuk datang. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. “Karena saya ingin menunjukkan bahwa Surabaya ini punya tempat wisata yang luar biasa,” ujarnya.

Di samping menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran Surabaya juga dilengkapi aneka jajanan dan kuliner yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Setidaknya ada sebanyak 197 stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di THP Kenjeran Surabaya.

Wisata Sontoh Laut

Mengunjungi Kota Surabaya rasanya tidak lengkap jika belum mampir ke wisata Sontoh Laut. Lokasi wisata yang berada di Kampung Nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, Asemrowo Surabaya ini, menyuguhkan view laut dengan hutan bakau. Pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu dengan berswa foto atau sekadar duduk bersantai di gazebo sembari menikmati kuliner.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga menggelar sayembara desain Wisata Sontoh Laut untuk pengembangan kawasan itu. Kontes ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kotanya.

Wali Kota Eri Cahyadi meyakini, Wisata Bahari Sontoh Laut akan menjadi wadah bagi anak muda sekaligus destinasi tempat wisata baru yang menarik. Makanya program pembangunan Sontoh Laut ini sengaja tidak dilaksanakan langsung oleh Pemkot Surabaya.

“Kalau pemuda ikut berpartisipasi, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal. Saya ingin setiap pembangunan merupakan sumbangsih pemikiran dari seluruh warga Kota Surabaya,” terangnya.

Taman Hutan Raya (Tahura)

Selain destinasi wisata alam yang berada di pesisir pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) yang dapat dijadikan spot liburan saat akhir pekan. Ada beberapa pilihan Tahura di Surabaya yang masing-masing di antaranya memiliki kekhasan tersendiri. Yaitu, Tahura Balas Klumprik, Tahura Pakal I & II, Tahura Lempung, serta Sentra Pertanian Terpadu Jeruk. Selain dipenuhi berbagai jenis pepohonan, Tahura di Surabaya juga dilengkapi dengan tambak-tambak yang diisi dengan budidaya ikan.

Selain destinasi wisata alam, Wali Kota Eri Cahyadi mengungkapkan, bahwa masih banyak lagi spot-spot lain di Surabaya yang dapat digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Mulai dari kawasan kota tua, wisata susur Sungai Kalimas hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS). “Selain wisata heritage, kita juga akan memanfaatkan destinasi wisata alam untuk kepentingan umat agar semua kegiatan ekonomi bergerak di Surabaya,” pungkasnya. (adv).

 

Loading...

baca juga