D-ONENEWS.COM

Survei ISC Sebut Tokoh Ini Paling Disukai jadi Capres di Pilpres 2024

Prabowo Subianto

Jakarta (DOC) – Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) merilis survei terkait likeabilitas dan elektabilitas calon presiden di Pemilu 2024. Hasilnya, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi 30,4 persen sekaligus tokoh yang paling disukai.

Survei terbaru ISC ini digelar pada 9-19 Agustus 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.520 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Margin of error survei dalam survei ini diperkirakan sebesar +/- 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). Kemudian, survei dilakukan dengan cara wawancara secara tatap muka.

Berdasarkan survei ISC, elektabilitas Prabowo Subianto menempati posisi tertinggi dengan 30,4 persen. Kemudian, di posisi selanjutnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,1 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Berikut ini elektabilitas para tokoh jika Pilpres dilaksanakan hari ini, seperti dilansir dari laman Detik.com, Minggu (4/9):

Prabowo Subianto 30,4%
Ganjar Pranowo 19,1%
Anies Baswedan 13%
Ridwan Kamil 3,4%
AHY 3,2%
Puan Maharani 3%
Khofifah I Parawansa 2,8%
Sandiaga Uno 2,5%
Erick Thohir 1,6%
Muhaimin Iskandar 1%
Airlangga Hartarto 1%
Surya Paloh 0,3%
Andika Perkasa 0,2%
Ahmad Syaikhu 0,2%
Zulhas 0,2%
Belum punya pilihan 18,1%

Peneliti Senior ISC Chairul Ansari mengatakan yang paling mengejutkan yakni elektabilitas Prabowo Subianto yang mencapai 30,4 persen. Dia beralasan Prabowo Subianto belum sama sekali berkampanye, tapi memiliki elektabilitas yang tembus hingga 30,4 persen.

“Yang paling mengejutkan bapak Prabowo Subianto 30,4 persen berhasil tembus, meskipun tidak hingar-bingar menyatakan sebagai capres melalui kampanye-kampanye kecil yang dilakukan, tetapi dengan menunjukan prestasi, menunjukan loyalitas, dia mampu mendapatkan elektabilitas 30,4 persen,” ucap Ansari. (dtc)

Loading...