D-ONENEWS.COM

Tagih Janji Pemkot Tambah Kawasan Car Free Day

Surabaya,(DOC) – Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Surabaya, Herlina Harsono Njoto, Kamis(25/6/2015) menagih janji pemerintah kota akan menggelar  kegiatan Car Free Day(CFD) di kawasan Middle East Ring Road(MERR). Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, berdasarkan jaring aspirasi masyarakat di wilayah Surabaya Timur, banyak warga yang menginginkan area sekitar MERR difungsikan untuk kegiatan CFD seperti di kawasan lainnya.

“Masyarakat menghendaki, agar Jalan MERR difungsikan sebagaimana Jalan Darmo untuk CFD,” ujarnya.

Herlina mengungkapkan, usulan kawasan MERR digunakan untuk CFD sebenarnya sejak Tahun 2012. Meski Badan Lingkungan Hidup telah menyanggupi untuk merealisasikannya. Namun, kenyataannya, hingga saat ini kegiatan CFD belum diselenggarakan.

“Usulan MERR dijadikan arena Car Free Day tahun 2012, tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya,” katanya.

Ia menegaskan, terlepas kelanjutan pembangunan jalan yang  mandek karena terkendala masalah hukum. Herlina menilai warga yang tinggal di wilayah Surabaya Timur membutuhkan arena hiburan yang murah.

“Meski masih ada persoalan, warga memerlukan arena hiburan dan olahraga yang murah dan meriah,” tutur Alumnus Psikologi Untag.

Ketua Komisi A ini menganggap, kegiatan CFD yang biasanya digelar pada hari Minggu memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

“Banyak yang merasakan manfaatnya dengan adanya kegiatan Car Free day. Seperti sebagai sarana rekreasi keluarga maupun arena olahraga,” terang Herlina.

Herlina menegaskan, jalan Ir. Soekarno yang masuk kawasan MERR layak dimanfaatkan untuk CFD. Meski ia mengakui situasi arus lalu lintas di wilayah itu cukup tinggi. Tetapi, ia yakin karena diselenggarakan pada hari libur, tidak menganggu kelancaran lalu lintas.

“Memang lalu lintasnya tinggi, tapi untuk event tertentu saya kira tak ada masalah.(k4/r7)

Loading...