D-ONENEWS.COM

Tambang Intan Banjarbaru Kalsel Longsor, 5 Tewas, 2 Terluka

Ilustrasi

Banjarbaru (DOC) – Sebuah penambangan intan di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dilanda bencana tanah longsor. Sedikitnya 5 orang ditemukan tewas dan 2 lainnya mengalami luka-luka. Tim SAR gabungan berhasil menemukan semua korban yang tertimbun material tanah longsor.

Bencana tanah longsor terjadi di pendulangan intan tradisional Desa Sei Pumpung, Banjarbaru, Kalsel sekira pukul 14.48 Wita, kemarin. Longsor disebabkan kondisi tanah yang labil dengan material tanah bercampur pasir dan kerikil basah akibat hujan yang turun.

“Saat kejadian ada tujuh pendulang yang sedang mencari intan yang dilakukan secara rutin karena matapencaharian mereka adalah pendulang intan. Dua orang ada di atas sedangkan 5 orang berada di bawah. Tiba-tiba terjadi longsor yang menimbun mereka,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2019).

Dua orang yang berhasil diselamatkan yakni Ardi dan Ipul berada di bagian atas. Sedangkan 5 orang yang berada di bagian bawah pendulangan intan tertimbun longsor di kedalaman sekitar 15 meter.

“Longsor di area pendulangan intan tradisional di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru bukan hal yang baru. Sudah sering terjadi dan menimbulkan korban jiwa. Tingginya risiko longsor di area pendulangan intan ini disebabkan cara menambang intan,” papar Sutopo.

Karena itu, BNPB menyebut Pemkot Banjarbaru harus mengkaji dan melakukan langkah-langkah mitigasi, termasuk terkait kebijakan pembangunan wilayah.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga