D-ONENEWS.COM

Truk Pengakut Pasir Terseret Banjir Lahar Semeru

Lumajang, (DOC)-Sebuah truk penambang pasir terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru di Sungai Cangka, Dusun Bondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Minggu (20/11/2022).

Kejadian tersebut berawal saat truk bernopol N 9601 UZ yang dikendarai Ponari (40) warga Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh saat akan mengirim pasir ke stopile terpadu yang berada di Kecamatan Sumbersuko melalui jalur Dusun Kebondeli Selatan tiba-tiba mengalami traubel ketika melintasi jalur bawah dari jembatan sungai Cangka, as roda kendaraannya terputus hingga akhirnya tidak bisa berjalan.

Nahas, banjir lahar semeru tiba-tiba datang menerjang sungai Cangka, truk yang mengalami trauble terseret hingga terbalik dibawah jembatan

“Truk milik Ponari ini terseret banjir hingga terbalik sampai dibawah jembatan. Akibatnya jembatan tertutup dan air meluap ke luar aliran sungai,” Kata Kapolsek Candipuro AKP Sajito.

Sajito mengatakan, truk pengakut pasir tidak bisa melintasi jembatan karena retak, sehingga dialihkan lewat bawah jembatan.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, karena sopir truk pergi untuk membeli as roda kendaraan,” ujarnya.

Atas kejadian itu, Kapolsek menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang sedang beraktifitas di wilayah DAS mulai dari Wilayah Curah Kobokan sampai Jugosari agar tetap waspada dan berhati-hati, karena saat ini curah hujan masih cukup tinggi, dan banjir lahar dingin bisa sewaktu-waktu terjadi.

“Apabila ada peringatan adanya getaran banjir dari Pos Pemantauan Gunung Semeru di Gunung Sawur, masyarakat yang beraktifitas di sekitar DAS, untuk segera menjauhi dan meninggalkan lokasi,” himbau Sajito. (Imam/r7)

Loading...

baca juga