D-ONENEWS.COM

Akibat Hujan Deras, Pohon Besar Tumbang di Ruas Jalan Menuju Ranupani

Lumajang, (DOC)-Sebuah pohon besar tumbang di ruas jalan kawasan Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Senin (1/1/2023). Akibatnya, akses jalan Lumajang menuju Malang sempat tersendat.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 WIB tepatnya di 10 KM diatas Ireng-ireng.Akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon jenis Dangklu diameter 300 cm, tinggi 17 meter tumbang dan menutup total ruas jalan penghubung Lumajang – Malang melalui Ranupane.

Beruntung peristiwa yang terjadi tidak menimpa kendaraan yang melintas. Mendapat informasi kejadian pohon tumbang, TRC BPBD Kabupaten Lumajang menuju Ranupani untuk melakukan evakuasi,

“Sekitar pukul 09.00, TRC BPBD Lumajang tiba dilokasi langsung melakukan pemotongan pohon bersama TNI-Polri dan TNBTS serta warga,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi ketika di konfirmasi.

Selain mengevakuasi batang pohon cukup besar, BPBD Lumajang dibantu TNI-Polri, TNTBS, dan warga juga membersihkan ranting dan daun dari pohon tersebut.

Setelah berhasil mengevakuasi pohon besar tumbang, sekitar pukul 10.00 akses jalan berhasil dibuka untuk roda dua. Kemudian sekitar pukul 12.05 jalur sudah bisa dilalui kendaraan roda 4.

“Saat ini jalan sudah bisa di lalui. Kami himbau harus tetap waspada saat melintas jalan menuju Ranupani, karena rawan pohon tumbang dan longsor,” pungkasnya. (Imam)

Loading...

baca juga