D-ONENEWS.COM

Truk Tambang Pasir Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Hingga Ringsek

Lumajang,(DOC) – Sebuah truk pengangkut pasir di Sungai Bondeli terseret banjir lahar dingin dari Gunung Semeru, Sabtu(1/12/2020). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dari berbagai sumber, truk nahas itu milik Imam (40) seorang warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Truk tersebut dihantam arus banjir lahar dingin Gunung Semeru di aliran sungai Bondeli.

Saat itu ia bersama para penambang melakukan aktivitas penambangan pasir di sungai Bondeli, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Peristiwa terjadi ketika cuaca hulu sungai Bondeli digujur hujan cukup lebat. Tidak lama kemudian banjir lahar dingin daqri Gunung Semeru datang sang sopir dan para penambang lainnya langsung menyelamatkan diri.

Sedangkan truk yang berada di lokasi terkenak derasnya arus banjir membuat truk terguling hingga terseret sejauh 50 meter dari lokasi penambangan.

“Truk terseret sekitar 50 meter, kondisi terkini truk mengalami ringsek,” Kata Yanto warga setempat.

Truk tersebut berhasil dievakuasi dengan menggunakan alat berat.

Sementara itu, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Mohammad Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, di sungai Bondeli yang jelas sudah diberi papan peringatan tidak boleh menambang selama Gunung semeru masih belum stabil.

“Tiga hari yang lalu seperti itu, jangan menambang kuatir ada lahar dingin. Ternyata dilanggar dan akhirnya terbukti truk tersebut terseret,” katanya.

Pihaknya menghimbau untuk tetap waspada karena sisa material lava panas masih banyak di sungai Curah Kobokan karena sewaktu-waktu bisa jadi banjir lahar dingin.

“kami menghimbau kepada para penambang pasir tetap meningkatkan kewaspadaannya, karena sungai Bondeli jika hujan deras terjadi hujan lahar dingin,’ Pungkas wawan. (Imam)

Loading...

baca juga