D-ONENEWS.COM

Wali Kota dan Baznas Safari Ramadhan, Bagikan Sembako sampai Kursi Roda

wali kota eri cahyadi dan istrinyaSurabaya,(DOC) – Mengawali kegiatan Safari Ramadan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta keluarga melaksanakan salat tarawih bersama warga Kecamatan Gubeng, di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya, Senin (4/3/2022) malam.

Usai melakukan salat tarawih, Wali Kota Eri Cahyadi bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Surabaya membagikan kursi roda dan paket sembako secara simbolis kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di wilayah Kecamatan Gubeng.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada warga Kecamatan Gubeng. Sebab, Kota Surabaya resmi menerapkan PPKM Level 1. Ia berharap, warga tetap bisa menjaga rasa kekeluargaan dan gotong-royong dalam menerapkan protokol kesehatan selama bulan Ramadan.

“Semoga kita tetap bisa melaksanakan salat Ied berjamaah, di Hari Raya Idul Fitri nanti nggih bapak ibu,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Oleh karena itu, memasuki bulan Ramadan ini, Wali Kota Eri Cahyadi juga berpesan kepada warga agar dapat menahan hawa nafsu. Tak lupa, ia juga meminta dukungan doa dari seluruh warga agar Kota Surabaya terbebas dari kesusahan, kemiskinan, dan kebodohan.

“Saya titip Kota Surabaya kepada panjenengan (anda), mari kita jaga kota ini dengan rasa kekeluargaan. Semoga di bulan Ramadan ini, kita selalu diberikan berkah dan umur yang barokah,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua IV Bidang SDM dan Administrasi Kota Surabaya, Moch Riduan mengatakan, bantuan yang dibagikan tersebut, merupakan hasil zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya serta masyarakat.

“Pada bulan Ramadan ini, kita akan membagikan 10 ribu paket sembako dan 150 kursi roda untuk MBR di seluruh Kota Surabaya. Sedangkan untuk di Kecamatan Gubeng ini, kami memberikan 100 paket sembako yang dibagikan secara bertahap,” kata Riduan.

Riduan menerangkan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya dalam penyaluran bantuan. Seperti pembagian kursi roda, pihaknya juga menyesuaikan pengajuan permohonan dari Dinsos Kota Surabaya.

“Secara simbolis, Bapak Wali Kota Eri Cahyadi beserta istri Rini Indriyani menyerahkan bantuan secara simbolis, yakni menyerahkan 7 kursi roda kepada warga MBR di Kecamatan Gubeng,” terang dia.

Ia mengaku, bahwa selama bulan Ramadan tahun 2022, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 3,9 miliar untuk seluruh MBR di Kota Surabaya yang disalurkan dalam beberapa jenis bantuan. Mulai dari bantuan Surabaya Sehat untuk lansia dan bayi stunting, Surabaya Berdaya untuk permodalan koperasi UMKM, hingga Surabaya Cerdas untuk pelajar di Kota Pahlawan.

“Setiap bulan kita sudah memberikan beasiswa kepada 1.504 pelajar dan anak asuh sebanyak 127 pelajar. Kemudian, juga terdapat program Rutilahu yang juga kita bantu,” ungkap dia.

Ditemui di lokasi yang sama, Damini warga Kelurahan Airlangga Kota Surabaya mengaku bersyukur dengan adanya bantuan kursi roda. Ia mengaku, bahwa bantuan tersebut bisa mempermudah suaminya yang terserang penyakit stroke melakukan kegiatan sehari-hari.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Eri Cahyadi atas bantuan kursi roda ini untuk suami saya yang terserang stroke. Semoga bapak terus mengayomi warga Kota Surabaya dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga