D-ONENEWS.COM

Wali Kota Warning Jajarannya, Jangan Bermain Pungli

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kembali mewanti-wanti jajarannya untuk menghindari perbuatan melanggar hukum seperti melakukan tindakan pungutan liar (Pungli). Terlebih, jika pungli tersebut di lakukan dengan mengatasnamakan Wali Kota atau Pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Hal tersebut di tegaskan Wali Kota, saat memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat struktural di lingkungan Pemkot Surabaya. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Graha Sawunggaling, Jalan Jimerto Surabaya, Rabu(24/5/2023).

“Kalau itu terjadi dan ada apa-apa, silahkan tanggung sendiri. Makanya sebelum itu terjadi tolong berhenti, sampean (anda) punya anak istri. Kalau sudah itu terjadi, remek sampean (hancur anda),” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Warning ini di utarakan Wali Kota Eri, karena sebelumnya ia mendapat informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat bertemu dengan jajaran KPK, Wali Kota di bisiki, jika ada jajarannya yang di duga akan bermain-main dengan Pungli.

“Saya minta tolong betul. Kemarin ada acara KPK terkait dengan aset. Setelah acara KPK, saya di bisiki, pak ojok main-main nang Suroboyo (pak jangan main-main di Surabaya). Karena ada yang main-main alasannya menggunakan namanya Pak Wali Kota,” ungkap dia.

Wali Kota Eri menegaskan, selama ini tidak pernah menyuruh seseorang atau pejabat Pemkot menyetorkan uang kepadanya. Karena itu, ia memastikan tak segan untuk melaporkan sendiri apabila ada jajarannya yang masih nekat melakukan tindakan pungli. “Lek sampean lakoni itu (kalau anda melakukan itu), kecekel (tertangkap) silahkan. Karena itu sudah urusannya sampean (anda), bukan urusannya saya,” tegasnya.

“Tapi saya sudah ingatkan di sini. Saya tidak pernah memerintahkan seperti itu. Yang kedua saya tidak pernah minta uang sedikitpun dari sampean (anda) untuk diri saya,” sambungnya.

Selain berkaitan dengan tindakan pungli, dalam kesempatan ini, Wali Kota Eri juga mengingatkan jajarannya agar menghindari gaya hidup hedonisme. Hal ini berkaca dari sejumlah kejadian yang sempat viral di media sosial. Akibat ]ulah sang anak, seorang pejabat harus ikut terseret berurusan dengan hukum.

“Di jaga keluarga kita. Di jaga anak-anak kita. Tidak usah neko-neko (aneh-aneh). Tidak usah macam-macam. Buat apa punya uang berlebih, kalau ternyata tidak membawa berkah,” tuturnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga berpesan kepada jajarannya agar lebih berhati-hati karena saat ini sudah memasuki tahun politik. Sebab menurutnya, memasuki tahun politik biasanya akan banyak fitnah yang bermunculan.

“Jaga diri sampean (anda) jaga keluarga sampean (anda). Sekali sampean (anda) merusaknya, maka keluarga yang akan menanggungnya. Tolong di jaga amanah ini. Jangan sekali-kali melakukan itu (pungli),” pintanya.

Tak hanya itu, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Kota Surabaya juga mengingatkan Kepala Perangkat Daerah (PD), camat dan lurah terkait dengan proyek pekerjaan. Menurutnya, apabila pekerjaan itu sudah di anggarkan dan tidak segera di jalankan, maka hal ini bisa menimbulkan pandangan negatif masyarakat.

“Misalnya Dakel (Dana Kelurahan), ketika sudah di anggarkan di sana tidak sampean (anda) jalankan, maka (orang akan memandang) ada permainan. Meski sampean (anda) tidak bermain, tapi orang akan memandang ada permainan,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga