D-ONENEWS.COM

Walkot Eri Sholat Id Bersama Warga di Taman Surya Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersiap menggelar kembali Shalat Idul Fitri atau Shalat Id 1444 hijriyah di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya. Bahkan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama keluarganya juga akan ikut Shalat Id di tempat tersebut.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya Arief Boediarto mengatakan waktu pelaksanaan Salat Id di Taman Surya itu masih menunggu keputusan sidang isbat yang akan digelar oleh pemerintah pusat. Jika sudah diputuskan hari dan tanggalnya, maka pemkot siap mengikutinya.

“Nah, pada saat hari pelaksanaan itu, Shalat Id akan dimulai tepat pukul 06.00 WIB. Jadi, mulai habis subuh atau sekitar pukul 05.30 WIB, takbir akan terus berkumandang sembari menunggu jamaah, tepat pukul 06.00 WIB, Shalat Id akan langsung dimulai,” kata Arief, Rabu (19/4/2023).

Menurutnya, yang akan bertindak sebagai khotib dalam pelaksanaan Shalat Id di Taman Surya nanti adalah Dr. KH. M.Syukron Djazilan Badri, M.Ag yang merupakan Ketua 1 MUI Kota Surabaya, pengurus LPTQ Kota Surabaya, dan juga Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan yang akan bertindak sebagai imam Shalat Id adalah Ustad Qomaruddin,SH,I yang merupakan Juara MTQ tingkat Nasional sekaligus pengurus LPTQ Kota Surabaya.

“Pak Wali Kota beserta keluarga besarnya insyaallah akan mengikuti Shalat Id di Taman Surya,” katanya.

Arief memastikan sejumlah persiapan sudah dilakukan bersama Perangkat Daerah (PD) lainnya di lingkungan Pemkot Surabaya, termasuk sejumlah personel yang akan disiagakan untuk mengatur parkir jamaah, mengatur alur masuk jamaah hingga shafnya, dan juga mengatur alur pulangnya jamaah.

“Jadi, teman-teman pemkot sudah menyiapkan semuanya dari sekarang, termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang saat ini sedang memasang backdrop acara tersebut, termasuk pula shaf salatnya juga sudah kita tata,” ujarnya.

Oleh karena itu, Arief mengajak warga Kota Surabaya untuk ikut Shalat Id di Taman Surya bersama Wali Kota Eri Cahyadi. Namun, ia juga mengingatkan semua jamaah yang hendak ikut Shalat Id di Taman Surya untuk membawa sajadah masing-masing, supaya tidak bingung ketika sudah sampai di Taman Surya.

“Soalnya kadang ada yang bawa koran dan setelah salat langsung ditinggal, dan itu akhirnya menjadi sampah di halaman balai kota. Memang teman-teman DLH sudah standby untuk membersihkan, cuma kan lebih elok kalau kita bersama-sama menjaga kebersihan di Taman Surya,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga