D-ONENEWS.COM

Wisata Baru Terumbu Karang Disekitar PLTU Paiton

foto : Terumbu karang di Paiton

Surabaya,(DOC) – Tak banyak diketahui masyarakat, dibalik hiruk pikuknya aktivitas Pembangkit Tenaga Listrik Uap (PLTU) Paiton, Jawa Timur, terdapat sebuah tempat yang dipenuhi terumbu karang mirip tempat wisata Raja Ampat.

Terumbu karang itu hasil dari limbah cair pengelolaan listrik berbahan bakar batu bara PLTU Paiton.

Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur menyampaikan hal ini dalam rapat koordinasi yang melibatkan Pembangkit Jawa Bali (PJB), SKK Migas dan Petrokimia Gresik.

Dalam rapat tersebut, pihak dinas ESDM meminta para mitra pengelola SDA untuk selalu menjaga ekosistem lingkungan sekitar.

“Aspek lingkungan harus diperhatikan dan akan dirumuskan dalam sebuah kebijakan dibidang energy dan sumber daya mineral. PJB di Paiton, protes habis-habisan, lalu ternyata limbah cair yang telah digunakan dan dikembalikan ke laut semakin jernih,” kata Setiajid, Kepala Dinas ESDM Pemprov Jatim.

Rencananya PLTU Paiton akan dijadikan contoh pelestarian lingkungan dengan pengelolaan limbah cair yang baik. Terumbu karang tersebut akan dijadikan salah satu lokasi wisata di Jawa Timur dan akan dijadikan Bunakennya Jatim.

“Sistem pengelolaan limbah di PLTU Paiton akan menjadi pioneer,” pungkasnya.(div/r7)

Loading...