D-ONENEWS.COM

120 Anggota DPRD Jatim 2019-2024 Dilantik, Kusnadi Pimpinan Sementara

Foto ; Ketua Pengadilan Tinggi Jatim Abdul Kadir ketika membacakan sumpah janji di hadapan anggota DPRD Jatim yang dilantik.

Surabaya,(DOC) – Anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024 telah dilantik. Pelantikan 120 anggota dewan itu dilakukan Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, Abdul Kadir, di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura, Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Pelantikan juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Estianto Dardak. Hadir pula empat rohaniawan dari agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha.

Dalam sambutannya sebelum pelantikan, Abdul Kadir mengingatkan bahwa sumpah janji yang dilakukan anggota dewan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumpah atau janji ini, menurut Abdul Kadir, disamping disaksikan sendiri dan semua yang hadir, juga ya diketahui Tuhan Yang Maha Esa. “Karena Tuhan itu Maha Mengetahui,” tegasnya.

Foto ; Kusnadi, dipilih sebagai Pimpinan Sementara DPRD Jatim periode 2019-2024

Para anggota dewan kemudian mengikuti sumpah yang dibacakan Ketua Pengadilan Tinggi Jatim. Intinya, mereka siap memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD Jatim dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundangan dengan berpedoman Pancasila dan UUU tahun 1945.
Setelah mengucapkan sumpah janji, prosesi dilanjutkan dengan penyematan pin kepada perwakilan. Kemudian, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak memberikan selamat kepada anggota dewan yang telah dilantik.

Rapat paripurna juga menunjuk Kusnadi dari PDIP sebagai Pimpinan DPRD Jatim Sementara periode 2019-2024 dengan Fauzan Fuadi dari PKB sebagai wakil sementara. Dua orang ini ditujukan karena partainya memperoleh kursi terbanyak. Dari 120 kursi, PDIP memperoleh 27 kursi dan PKB di posisi kedua dengan 25 kursi. Posisi ketiga Gerindra 15 kursi, disusul Demokrat 14 kursi, Golkar 13 kursi dan Nasdem 9 kursi, PAN 6 kursi, PPP 5 kursi, PKS 4 kursi, serta Hanura dan PBB masing-masing 1 kursi.

“Dari 120 anggota DPRD Jatim yang dilantik ini, hanta 21 orang perwakilan dari kaum perempuan, sisanya laki-laki, ” terang Kusnadi yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Jatim.
Dikatakan Kusnadi, sebagai pimpinan sementara tugasnya sangat berat, karena selain menyusun tatib, diantaranya juga harus memilih pimpinan dewan definitive. Karena itu, ia dan Fauzan sebagai wakilnya akan langsung tancap gas, sehingga tugasnya cepat rampung.(dar)

Loading...

baca juga