D-ONENEWS.COM

3 Korban Kebakaran KMP Gerbang Samudra 1 Ditemukan Basarnas Surabaya

Surabaya,(DOC) – Tim Badan Search and Rescue Nasional(Basarnas) akhirnya menemukan jenasah yang diduga korban kapal motor penumpang ( KMP) Gerbang Samudra 1 yang terbakar, beberapa waktu lalu di perairan Karang Jamuang Madura.

Kondisi jenazah yang sudah mengenaskan ini, ditemukan oleh tim evakuasi Basarnas Surabaya, usai menyisir kamar nahkoda dan kamar 2 kadet yang dilaporkan hilang saat KMP Gerbang Samudra 1 terbakar.

Penyisiran terhadap bangkai KMP Gerbang Samudra 1 dilakukan sejak Sabtu(8/12/2018) pagi hingga sore hari oleh tim evakuasi Basarnas Surabaya.

Komandan Tim Evakuasi Basarnas Surabaya, Novix Hendriyanto, menyatakan, tim evakuasi belum bisa memastikan jenazah yang ditemukan itu, adalah nahkoda dan 2 orang kadet KMP Gerbang Samudra 1 yang dilaporkan hilang.

“Kepastiannya masih menunggu identifikasi DVI Polda Jatim,” ungkap Novix.

Jenazah yang ditemukan di kamar nahkoda dan kamar 2 kadet yang terletak di deck 3 kapal, kondisinya memang cukup memprihatinkan.

Petugas evakuasi, kemudian menempatkan jenazah ke dua kantong jenazah, untuk dibawa ke dermaga navigasi di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sebelum dua kantong jenasah ini dilarikan ke rumah sakit Bhayangkara Surabaya guna proses otopsi oleh tim DVI Polda Jatim, pihak keluarga kadet dan teman kerja nahkoda diberi berkesempatan untuk mendoakan ke para korban.

Isak tangis terdengar keras, ketika kapal KN SAR 225 Widura yang mengangkut kantong jenazah para korban KMP Gerbang Samudra 1 berlabuh di dermaga.

Sementara itu, Kabid Penjagaan Patroli dan Penyidikan (P3) Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Rony Fahmi, menegaskan, penyelidikan penyebab kebakaran akan terus dilakukan, setelah proses evakuasi korban.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) rencananya juga akan turut menyelidiki penyebab terbakarnya KMP Gerbang Samudra 1 diperairan Karang Jamuang Madura.

“Rencananya KNKT Senin(10/12/2018) akan melakukan investivigasi dibangkai kapal yang terbakar,” katanya.(hadi/r7)

Loading...

baca juga