D-ONENEWS.COM

34 TKI dari Luar Negeri yang Tiba di Jatim Positif Covid-19

Surabaya (DOC) – Sebanyak 34 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri yang tiba di Jawa Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Mereka yang positif Covid-19 yakni 31 dari Malaysia, 1 dari Hongkong dan 1 dari Brunei Darussalam.

Kini mereka menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan, Indrapura (RSLI), Surabaya, usai sempat menjalani masa karantina di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

“Mereka yang dinyatakan positif itu, merupakan PMI yang tiba dari negara Malaysia, Hongkong, Singapura dan Brunei Darussalam,” kata Ketua Pelaksanaan Relawan PPKPC-RSLI, Radian Jadid, dikutip CNN Indonesia, Selasa (4/5).

Radian mengatakan 34 PMI itu terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan. Sebagian besar merupakan warga Madura, yakni dari Sampang, Pamekasan, Bangkalan dan Sumenep.

Sedangkan yang lainnya berasal dari Jember, Probolinggo, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo Jawa Timur dan satu orang lain dari Kendal, Jawa Tengah.

“Mereka akan diberikan pelayanan khusus, akan di-monitoring kondisinya mulai masuk RSLI, selama perawatan hingga kepulangan nantinya,” kata dia.

Sementara itu, Penanggung jawab RSLI, Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan bahwa RSLI selalu siap siaga dalam menangani penderita Covid-19 yang berasal dari PMI.

Berkaca pada meningkatnya kasus Covid-19 di India, pihaknya tidak mau kecolongan. Segala langkah antisipasi dan monitoring ketat akan dilakukan dalam penanganan penderita Covid-19 yang berasal dari PMI.

“Contoh paling jelas adalah kasus di India. Adanya vaksinasi lebih dari 100 juta warga India telah menjadikan mereka euforia sehingga melupakan protokol kesehatan yang ada,” kata Dewa.

“Apalagi terbaru, kondisi Malaysia juga mulai ada indikasi mengarah kesana. Beberapa rumah sakit covid di sebagian kota di Malaysia sudah mulai penuh dalam menangani pasien Covid-19,” sambungnya.

Dewa mengatakan sejauh ini telah ada 4.177 TKI yang masuk sepanjang 28 April – 4 Mei. Sebanyak 2.298 orang berasal dari Malaysia. (cnn)

Loading...