D-ONENEWS.COM

Mensos Gelar Baksos, Seorang PENA Muda Minta Doa

Lebak,(DOC) – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menggelar bakti sosial (Baksos) dan memberikan bantuan pelayanan kesehatan, operasi katarak, pengelolaan instalasi air bersih, serta rumah sejahtera terpadu (RST).

Selain itu, Mensos Risma juga memberikan bantuan pemberdayaan masyarakat yang salah satunya lewat bantuan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) Muda.
Kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat(15/6/2024).
PENA Muda ini adalah remaja usia 20-30 tahun yang belum mempunyai pekerjaan. Atau status pekerjaanya sebagai buruh dan orang tuanya sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).
“Saya membuat program yang namanya PENA Muda yang anggotanya anak-anak muda. Saya ambil dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Di keluarga mereka yang mereka anak-anak usia bekerja antara usia 22-30 tahun. Namun mereka belum bekerja atau mereka bekerja keteranganya sebagai buruh,” ujar Mensos Risma.
Mensos menambahkan, para anak-anak muda yang mendapat bantuan, awalnya di kumpulkan dan di lakukan asesmen. Untuk mengetahui potensi minat usahanya masing-masing. Lalu mereka di berikan modal usaha. “Dari DTKS kita kumpulkan mereka yang berminat dan kita bantu untuk usaha,” ucapnya.
Salah seorang pemuda penerima bantuan PENA, Rizal Mustari (23), menyatakan telah merasakan manfaatnya.
Ia sebelumnya telah mempunyai usaha bengkel namun terkendala modal untuk mengembangkannya. Pada kesempatan ini, ia mendapat bantuan modal Rp4.9 juta. “Mendapat PENA muda dalam betuk tunai buat modal usaha. Saya udah punya usaha bengkel cuma kekurangan dana,” kata Rizal.
Usaha para PENA Muda akan di pantau perkembangannya oleh Mensos Risma selama 4 bulan kedepan.
Hal ini membuat Rizal optimis usaha bengkelnya bisa semakin berkembang. “Yakin saya karena sekarang-sekang juga sudah sedikit-sedikit nambah-nambah gitu usahanya. Semenjak ada bantuan itu membantu saya untuk lebih lengkap lagi perlengkapan (bengkelnya),” kata Rizal percaya diri.
Ia pun berterimakasih kepada Mensos Risma dan meminta doa agar usahanya sukses dan lebih maju.
“Doain supaya sukses seperti ibu. Sukses usaha saya, biar lebih maju,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga