D-ONENEWS.COM

Arumi : Perempuan Berperan Besar Gerakkan Roda Perekonomian

Foto: Arumi Elestianto Dardak mengunjungi stand UKM saat pembukaan Rakernas IWAPI ke-29 dan EXPO IWAPI di Hotel Mercure Darmo, Surabaya.

Surabaya,(DOC)- Perempuan di era modern berperan besar dalam menggerakkan roda perekonomian. Hal ini dikatakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Emil Elestianto Dardak ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-29 dan IWAPI EXPO di Hotel Mercure, Surabaya, Senin (9/9/2019) sore.

“Perempuanlah yang sebetulnya memegang roda perekonomian. Jika bapak-bapak yang bekerja di kantor, namun yang menggerakkan roda perekonomian itu adalah ibu-ibu,” kata Arumi Emil Elestianto Dardak.

Istri Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak itu mengaku bangga kepada anggota IWAPI yang datang dari seluruh Indonesia atas kerja keras, semangat dan eksistensinya di masyarakat di sektor perekonomian. IWAPI yang berusia 44 tahun tersebut, menurut Arumi, memiliki eksistensi yang bisa diandalkan di masyarakat.

“Hari ini bisa kita lihat melalui IWAPI EXPO, dimana ibu-ibu yang penuh kegigihan datang dari seluruh Indonesia. Bahkan ada yang melakukan perjalanan sampai 4 hari. Kalau bisa saya sebut dengan The Power of Emak-Emak,” tutur Arumi di hadapan puluhan Ketua DPD IWAPI dari seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Arumi menjelaskan bahwa kerjasama antara IWAPI dan Dekranasda Jatim, khususnya dalam hal pemasaran, akan sangat bermanfaat bagi masing-masing anggotanya. Jika di Dekranasda sendiri telah dilakukan pelatihan dan pembinaan, maka dengan kehadiran IWAPI bisa menjadi angin segar untuk saling berbagi pengalaman marketing di pasar yang lebih luas.

“Panjengengan semua yang sudah berpengalaman, turun langsung ke lapangan, memahami trend, memahami pasar yang di situ kami tidak punya,” sarannya.

Di sisi lain, lanjut Arumi, Dekranasda yang merupakan bagian dari pemerintah memiliki nilai lebih dalam hal perijinan dan update informasi tentang wilayah-wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan. Jika kedua kelebihan tersebut dapat dipadukan, diharapkan nantinya dapat bersinergi langsung terhadap peningkatann sumber daya manusia (SDM), khususnya di wilayah Jatim.

IWAPI EXPO 2019 sendiri diikuti puluhan stand dari 33 DPD IWAPI seluruh Indonesia. Juga dua stand perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Jatim serta Dinas Koperasi Prov Jatim. Pada kesempatan ini Arumi pun turut meninjau dan mengapresiasi langsung masing-masing stand karya anak bangsa tersebut. (dar/hm)

Loading...

baca juga