D-ONENEWS.COM

Begini Penjelasan Wali Kota Soal Konvoi Timnas Indonesia dan Palestina

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan soal rencana konvoi Timnas Indonesia yang di polemikkan sejumlah netizen di media sosial. Wali Kota Eri Cahyadi memberi tiga poin penjelasan saat di jumpai di Balai Kota Surabaya, Rabu(7/6/2023).

Pertama, kata Wali Kota Eri Cahyadi, soal konvoi yang banyak di salahpahami. Konvoi yang di maksud Wali Kota Eri Cahyadi adalah “pengawalan” dan penyambutan Timnas Indonesia dari hotel menuju Balai Kota Surabaya yang waktu tempuhnya hanya 7 menit dan dari Balai Kota balik menuju hotel. Timnas Indonesia di agendakan makan malam bersama Timnas Palestina di Balai Kota Surabaya pada 11 Juni 2023.

Hal tersebut berkaitan dengan poin kedua yang di jelaskan Wali Kota Eri Cahyadi, yaitu budaya suporter Surabaya. Wali Kota Eri Cahyadi menyebut kelompok suporter Surabaya selalu menjalankan tradisi “pengawalan” dan penyambutan pada kedatangan tamu-tamu klub penting. Hal ini tampak pada berbagai momen, seperti ketika suporter Surabaya mengawal dan menyambut kehadiran tim Persija Jakarta, Persis Solo, dan sebagainya.

“Jadi ini konvoi pengawalan karena penghormatan yang di berikan kepada Timnas Indonesia. Ini tradisi dan budaya suporter Surabaya karena kami ingin menunjukkan suporter Surabaya itu begitu ramah. Biasanya konvoi jenis ini di hadiri perwakilan suporter, ini bisa kita batasi, seperti maksimal 100 suporter untuk mengawal, dalam konteks ini dari hotel ke Balai Kota yang butuh waktu 7 menit. Jadi ini bukan mengelilingkan pemain Timnas ke seluruh Surabaya,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

“Tapi karena ini kemudiaan di salahpahami, maka konvoi di tiadakan. Para pemain timnas Indonesia dan Palestina langsung gala dinner di Balai Kota,” ujarnya.

Wali Kota Eri Cahyadi lantas menjelaskan soal gala dinner yang menjadi poin ketiga dalam penjelasannya. Ini merupakan wujud persahabatan kedua negara, sekaligus bentuk dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina. Hal tersebut di wujudkan lewat aksi konkrit berupa 10 persen hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk masyarakat Palestina.

“Balai Kota Surabaya yang terintegrasi dengan Taman Surya adalah tempat terbuka. Jadi warga silahkan datang ke Taman Surya, di sana ada pemain Timnas Indonesia dan Palestina, bisa memberi semangat, semacam meet and greet sambil menikmati makanan UMKM Surabaya sebanyak 5.000 porsi. Nanti juga akan di perkenalkan para pemain Timnas ke masyarakat suporter Surabaya,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga