D-ONENEWS.COM

Bela Buruh Korban PHK, Komisi D DPRD Surabaya Akan Minta Penjelasan Manajemen PT Gorom Kencana


Surabaya, (DOC) – Komisi D DPRD Kota Surabaya geram dengan sikap bos PT Gorom Kencana, yang tidak pernah datang saat pertemuan dengan Komisi B, dan hanya diwakili karyawannya saja.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini, Komisi D
akan sidak ke pabrik PT Gorom Kencana dan bertemu langsung dengan direktur atau general manager PT Gorom yang memiliki keputusan dari persoalan buruh PT Gorom Kencana ini. “Mungkin pekan depan kami akan datangi pabrik dan kantor PT Gorom Kencana,”ujar Badru Tamam usai menerima perwakilan buruh PT Gorom Kencana saat demo tolak PHK bagi karyawan kontrak Kamis (4/3/21).

Dia mengatakan, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah memerintahkan anggotanya untuk datang ke pabrik PT Gorom Kencana, dan menemui bosnya langsung agar permasalahan dengan buruhnya bisa dicarikan solusi terbaik. “Tidak apa-apa kami yang akan mendatangi pabrik PT Gorom Kencana sendiri.Ini demi tuntutan buruh yang diabaikan oleh pihak manajemen PT Gorom. Untuk persoalan hak asasi buruh kami tegas, karena sebagai wakil rakyat tentu membela kepentingan rakyat,” tegas politisi PKB Kota Surabaya ini.

Lebih jauh, Badru Tamam menambahkan, yang dikeluhkan para buruh adalah persoalan pemecatan atau PHK sepihak oleh perusahaan, dan buruh mengadu ke Komisi D agar mendesak perusahaan untuk bisa mempekerjakan kembali. “Lha ini kan wewenang Disnaker Jatim. Namun Komisi D sudah berkoordinasi dengan Disnaker dan DPRD Provinsi Jatim terkait persoalan buruh PT Gorom Kencana, agar bagaimana Komisi D DPRD Kota Surabaya menyelesaiakn konflik buruh dengan manajemen PT Gorom Kencana ini, ” bebernya.

Seperti diketahui, Kamis siang (4/3/2021) ratusan buruh PT Gorom Kencana berunjuk rasa menolak pemecatan buruh kontrak oleh PT Gorom Kencana.

Lima orang perwakilan buruh diterima Komisi D DPRD Kota Surabaya untuk menyampaikan aspiranya. (av/fr)

Loading...