D-ONENEWS.COM

BPBD Bojonegoro Imbau Warga Waspadai Bencana Musim Peralihan

Bojonegegoro (DOC)– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengimbau warga untuk mewaspadai sejumlah bencana yang berpotensi terjadi ketika musim peralihan. Sesuai prakiraan BMKG Karangploso, wilayah Bojonegoro sejak akhir September hingga awal Oktober merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

“Masyarakat perlu hati-hati dan mewaspadai perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti angin kencang, perubahan suhu dan hujan lokal yang terjadi sewaktu-waktu,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia, Senin, (8/10).

Ia menjelaskan diperkirakan musim hujan akan dimulai pada dasarian I-III Nopember. “Surat yang berisi prakiraan masuknya musim hujan sudah kami sampaikan kepada seluruh SKPD untuk menyesuaikan program. MIsalnya, Dinas Pertanian bisa menyesuaikan masa awal tanam tanaman padi,” terangnya.

Lebih lanjut, Nadif menambahkan prakiraan BMKG masuknya musim hujan di daerahnya mundur dibandingkan awal musim hujan pada 1981 sampai 2010 yang terjadi pada dasarian I Oktober sampai dasarian II April. Sedangkan musim hujan 2018/2019 akan terjadi mulai dasarian III Nopember sampai dasarian II April. (luk/s)

Loading...

baca juga