D-ONENEWS.COM

BPBD Harap Selok Anyar Naik Kelas agar  Tanggap Bencana

Selok AnyarLumajang,(DOC) – Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian merupakan salah satu wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang berpotensi terimbas dampak bencana alam, lantaran berbatasan langsung dengan laut selatan. Salah satu bencana yang mengancam adalah Tsunami.

Untuk memperkuat mitigasi bencana di Desa Selok Anyar, BPBD Kabupaten Lumajang telah membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) sejak tahun 2020 lalu. Para anggota Desatana yang tediri dari warga setempat, perangkat desa dan anggota relawan lainnya mendapatkan pelatihan terkait penanganan bencana di tingkat desa.

Dalam kegiatan Sapa Destana, Senin(19/6/2023), Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengatakan, bahwa Destana dibentuk dengan tujuan agar masyarakat di desa lebih siap dan dapat menanggulangi bencana yang ada di desanya sebelum Tim BPBD datang.

“Anggotanya adalah warga masyarakat desa tersebut. Bisa dari Perangkat Desa, Karang Taruna, PKK dan siapapun warga desa yang peduli. Mereka dilatih membuat peta bencana, melakukan pertolongan awal saat dari kabupaten belum tiba di lokasi,” kata dia.

Menurutnya Wawan, saat ini Destana Selok Anyar sudah dalam kategori Destana Pratama. Oleh karena itu, dirinya berharap ada peningkatan kelas, sehingga Destana Selok Anyar bisa membantu masyarakat untuk lebih sadar dan tanggap terhadap bencana, hingga tingkat keluarga.

“Harapannya ada peningkatan dari peringkat Destana Pratama naik menjadi Destana Madya atau Destana Utama. Nanti juga ada Keluarga Tangguh Bencana,” harapnya. (info/mam)

Loading...

baca juga