D-ONENEWS.COM

Datangi Gunung Sawur Pantau Aktivitas Semeru Terkini, Khofifah: Perlu ORARI Beri Penguatan Desiminasi Informasi

Lumajang,(DOC) – Pasca erupsi Gunung Semeru, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parangsa bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, mengunjungi Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (3/12/2020).

Di dampingi Bupati Thoriqul Haq, rombongan Forkompimda Jatim ini melihat perkembangan aktivitas Gunung Semeru terkini.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB, Doni Munardo juga berada di Gunung Sawur untuk memantau kesigapan petugas dalam menangani dampak erupsi Gunung Semeru.

Menurut Gubernur Khofifah, dirinya mulai memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru pada saat mengeluarkan lava pijar, Selasa(1/12/2020) lalu.

“Perlu melakukan inventarisasi secara detail terkait dengan mitigasi bencana Gunung Semeru, sehingga Pemprov Jatim ingin mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk penguatan informasi di tim PVMBG di Pos Pantau Gunung Semeru,” ungkap Khofifah.

Khofifah berkeinginan agar langkah antisipasi secara teknis dan strategis bisa tertangani, seperti kelengkapan early warning system dan kesiap-siagaan tim reaksi cepatnya.

Ia berharap, pihak ORARI bisa memberikan penguatan proses desiminasi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan ada radio komunitas yang memungkinkan bisa memberikan percepatan informasi terkait perkembangan aktifitas Gunung Semeru serta wilayah yang terkonfirmasi beresiko harus dievakuasi secepat mungkin.

“Di titik-titik yang memang terkonfirmasi kemungkinan berisiko terhadap bencana erupsi Semeru harus segera mungkin harus dievakuasi untuk keselamatan warga dan kami sudah melihat petanya,” pungkasnya.(imam)

Loading...

baca juga