D-ONENEWS.COM

Deklarasi Spektakuler Surabaya Sehat, Diikuti 4 Ribu Peserta

Surabaya,(DOC) – Suasana Car Free Day (CFD) di Jalan Tunjungan pada Minggu (14/8/2016) tampak meriah. Ribuan orang terlihat memadati ruas jalan ikonik di Surabaya itu untuk bersenam bersama. Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan Deklarasi Spektakuler Surabaya Sehat 2016 yang digagas oleh Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) bersama Pemkot Surabaya.
Ketua Perwosi Surabaya Chusnul Ismiati mengatakan, Deklarasi Spektakuler Surabaya Sehat diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-71. Adapun jenis kegiatan meliputi senam bersama dan lomba senam untuk beberapa kategori.
Dijelaskan Chusnul, total peserta mencapai 4.000 orang, terdiri dari unsur lansia, anak-anak, masyarakat umum hingga komunitas senam. Sedikitnya 12 komunitas senam tercatat ikut ambil bagian dalam acara ini.
Sedangkan lokasi Jalan Tunjungan sengaja dipilih karena jalan tersebut kental nuansa historis dan penuh kenangan. “Intinya, dalam momen memperingati hari kemerdekaan ini kita ingin Surabaya sehat melalui gerakan senam bersama ini,” terang istri Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan ini.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyudrajad menuturkan, kualitas Car Free Day menjadi semakin baik dengan beragam kegiatan. Salah satu contohnya adalah kegiatan senam bersama pada Deklarasi Spektakuler Surabaya Sehat ini.
Car Free Day yang baik, lanjut dia, juga menjadi salah satu instrumen program kampanye untuk langit biru. Sebab, sebagaimana diketahui saat ini bahwa lebih dari 70 persen emisi gas buang disumbang dari sektor transportasi.
“Jadi antara udara bersih dan senam bersama ini merupakan suatu korelasi yang dapat menunjang konsep Surabaya sehat,” imbuhnya.(hms/r7)
 

Loading...