D-ONENEWS.COM

Dikembangkan Lagi di Balai Ciung Wanara Cibinong, Mensos Risma Resmikan SKA Disabilitasa Mental

Cibinong,(DOC) – Sentra Kreasi Atensi (SKA) berdiri lagi di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Mental Ciung Wanara Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini meresmikan SKA Balai Ciung Wanara Cibinong, Sabtu(12/6/2021), yang disaksikan oleh anggota Komisi VIII DPR RI dan diikuti oleh para pejabat esselon 1 dilingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Sebelum meresmikan, Mensos Risma menyampaikan tujuannya mengembangkan SKA di Balai-balai, yakni untuk meningkatkan kewirausahaan dan vokasional, sekaligus membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan social para penerima manfaat.

“Dengan begitu, para penyandang disabilitas pun punya kesempatan sama, ” kata Mensos sebelum hadir di SKA di Balai Ciung Wanara.

Salah satu tugas dan fungsi Kemensos adalah memberikan layanan rehabilitasi sosial kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Pelayanan diberikan dalam berbagai bentuk di antaranya terapi,  konseling, bimbingan sosial psikologis, pelatihan vokasional dan sebagainya.

Namun senjalan dengan itu,  Kemensos melalui unit pelayanan tenis (UPT) termasuk di dalamnya 41 balai di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga mengarahkan agar PPKS dapat meraih kemandirian ekonomi dengan memberikan pembinaan kewirausahaan.

SKA merupakan ajang bagi para PPKS yang telah mendapatkan pembinaan Kemensos untuk menyajikan berbagai hasil pelatihan yang selama ini sudah didapat. Baik dalam bentuk hasil kerajinan, hasil olahan kuliner,  usaha londry, konveksi dan berbagai bentuk usaha lainnya. Misalnya Art Theraphy, Sentra Handycraft, Hijab Ciwitan, Fashion, Toko Kelontong, Urban Farming, Budidaya Ikan Cupang, Sport Center, Perpustakaan, dan Pelatihan Komputer.

SKA sudah berjalan di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandang dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi. Kemudian di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual “Kartini”  Temanggung. Rencananya, SKA akan dikembangkan di 41,balai yang ada.(robby/hm)

Loading...

baca juga