D-ONENEWS.COM

Diminta Presiden Jokowi Pulang ke Tanah Air, Siapa Ainun Najib?

Jakarta (DOC) – Ainun Najib, warga Nahdlatul Ulama (NU) dikenal sebagai pria berprestasi terutama untuk urusan teknologi. Hal tersebut juga yang membuat Presiden Joko Widodo tertarik dan meminta Ainun pulang dari Singapura ke Indonesia sehingga dapat berkontribusi buat negeri.

Dalam laman resmi NU, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (2/2), Ainun disebut telah berprestasi sejak masih duduk di bangku SMA.

Sedangkan prestasi Ainun di bidang sains dan teknologi sudah mulai terasah sejak duduk di bangku SMUN 5 Surabaya. Ketika itu, ia meraih penghargaan honorable mention setelah menjadi anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Asia Pasifik 2003.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura, jurusan Teknik Komputer.

Ainun pernah mewakili NTU dalam perlombaan pemrograman perguruan tinggi internasional atau ACM ICPC pada 2006-2007, bersama dua mahasiswa Indonesia lainnya.

Tim tersebut menjuarai ACM ICPC level regional Asia di Teheran, Iran, pada 2006. Mereka juga ikut bertanding di level dunia yang digelar di Tokyo, Jepang pada 2007.

Setelah lulus dari NTU, ia bergabung dengan perusahaan, IBM Singapura, sebagai software engineer. Ainun menjabat sebagai konsultan senior.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memuji talenta-talenta muda yang dimiliki NU. Dia mengatakan anak-anak muda itu saat ini bekerja untuk perusahaan swasta di luar negeri.

Jokowi memberi contoh Ainun Najib yang bekerja di Singapura. Dia meminta para kiai untuk merayu Ainun dkk. pulang ke Indonesia.

“Masih muda sekali, namanya Mas Ainun Najib, NU, tapi di sana gajinya sangat tinggi. Jadi, kalau diajak di sini harus bisa menggaji lebih gede dari yang di Singapura. Ini tugasnya nanti Pak Kiai, kalau beliau yang ngendiko, digaji berapa pun, bismillah pasti mau,” ungkap Jokowi pada peringatan Hari Lahir ke-96 NU di Balikpapan, Senin (31/1).

Ainun Najib juga menjadi salah satu inisiator KawalCovid19 dan seorang warga Nahdlatul Ulama (NU) kelahiran Gresik, Jawa Timur, 20 Oktober 1985.

Sebagai informasi, KawalCovid19 merupakan situs yang memberikan informasi terpercaya seputar pandemi Covid-19 di Indonesia.

Situs ini diluncurkan pada 1 Maret 2020, sebelum pengumuman Joko Widodo soal dua kasus positif Covid-19 pertama, tepatnya di Kota Depok, Jawa Barat. (cnn)

Loading...