D-ONENEWS.COM

Cuaca Masih Sering Ekstrem, Warga Diminta Tetap Waspada

Lumajang, (DOC) – Cuaca ekstremĀ  beberapa waktu terakhir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Untuk mengantisipasi terjadinya korban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati melakukan aktivitas saat musim penghujan. Karena, hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan dalam situasi yang tergolong ekstrem saat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengimbau, agar masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem yang dipredikasi juga akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Beberapa hari terakhir ini diinformasikan akan terjadi cuaca ekstrem. Apabila ada hujan yang disertai dengan angin kencang maupun puting beliung bisa mengamankan diri masing-masing, itu yang paling utama,” terangnya.

Patria juga mengimbau, agar masyarakat untuk melaporkan jika menemukan kondisi pohon yang berpotensi tumbang jika ada angin kencang. Petugas pun juga akan memantau pohon yang rawan roboh. “Warga juga menginformasikan kepada dinas terkait apabila ada pohon yang kondisinya mengkhawatirkan, jadi nanti bisa kita kordinasikan jadi ada tindakan,” ujarnya.

Diketahui, prakiraan cuaca dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika https://www.bmkg.go.id/ menyebut kondisi tersebut akan terjadi selama sepekan ke depan. Bahkan, diperkirakan akan kembali terjadi hujan disertai petir pada pukul 13.00 WIB dengan kecepatan rata-rata angin 30 Km/Jam. (Imam/fr)

Loading...

baca juga