D-ONENEWS.COM

Disambut Baik Beroperasinya Kembali Stasiun Surabaya Kota

Surabaya,(DOC) – Stasiun Surabaya Kota atau lebih dikenal dengan sebutan Stasiun Semut yang terletak di wilayah Surabaya Utara tak seramai stasiun kereta api (KA) lainnya. Di Stasiun Semut nampak sepi dengan penumpang KA berangkat maupun datang. Kondisi seperti ini telah berlangsung sejak tahun 1992 silam, pasca di non aktifkannya Stasiun Semut lama yang masuk dalam situs cagar budaya di kota Surabaya, karena adanya pengalihan jadwal keberangkatan KA ke Stasiun Gubeng.
Kini Stasiun Semut hanya melayani penumpang KA jarak dekat yakni Surabaya – Malang, Blitar dan Mojokerto.

Selain itu, Stasiun Semut beroperasi untuk pembelian tiket KA kelas bisnis dan eksekutif yang berangkat dari stasiun Gubeng.

“Lebih dekat dari rumah, kalau akan beli tiket KA yang berangkat dari Stasiun Gubeng,” ungkap Mardia salah satu calon penumpang KA yang bertempat tinggal di Surabaya Utara.

Stasiun Surabaya Kota merupakan stasiun tertua yang dibangun pada tahun 1870 an. KA jurusan Surabaya – Malang, Blitar dan Mojokerto yang mengangkut penumpang hanya kelas ekonomi dengan harga tiket murah yaitu, Rp.12.000 – Rp. 15.000,-. Namun meski demikian, banyak penumpang yang terbantu dengan Stasiun KA Surabaya Kota meski hanya jarak dekat, terutama penumpang yang tinggal di wilayah Surabaya Utara.
“Ya dekat dari rumah, jadi enak kalau ke Mojokerto, Malang dan Blitar,” ungkap Tutik dan Sugiarti.
Rencananya PT KAI akan mengoperasionalkan kembali Stasiun Surabaya Kota untuk penumpang kedatangan. Hal ini juga membuat para pedagang disekitar Stasiun KA bersemangat, karena telah lama sepi.(div/r7)

Loading...