D-ONENEWS.COM

DPD PDIP Jatim Siapkan Mesin Politik Pemenangan Pemilu

Surabaya,(DOC) – Rapat Kerja Daerah DPD PDIP Jawa Timur yang digelar di hotel Utami Juanda Sidoarjo, Selasa(18/2/2020) juga mengagendakan pelantikan pengurus badan-badan-partai yang bertugas menjalankan fungsi kepartaian yang bersifat teknis.

Badan-badan Partai yang sudah dipersiapkan oleh DPD PDIP Jatim, juga bertugas sebagai mesin partai dalam menghadapi Pemilu mendatang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi SH MHum mengatakan, selain untuk konsolidasi organisasi, Rakerda yang akan membahas persoalan-persoalan di masyarakat luas ini juga disertai seremoni pelantikan ratusan kader yang disiapkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi teknis sebagian dari keputusan-keputusan rakerda.

Para kader tersebut ditempatkan di badan-badan Partai. Yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK), Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR), Badan Kebudayaan Nasional (BKN), Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat), Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), dan Badan Pemenangan Pemilu (BP-Pemilu).

“Ada 145 kader untuk ditempatkan di tujuh badan partai,” terang Kusnadi kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Badan-badan ini, lanjut Kusnadi, berperan membantu struktural partai dalam melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis. Termasuk menjalankan sebagian dari rekomendasi rakerda.

Rekomendasi rakerda, sebagian lainnya juga dilaksanakan oleh kader di eksekutif dan legislatif melalui kebijakan regulasi dan alokasi anggaran yang bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk peran badan-badan partai, urai Kusnadi, bagaimana misalnya Baguna melakukan mitigasi bencana, melakukan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, maupun penggalangan bantuan untuk korban bencana.

“Periode lalu Baguna Jatim turun langsung ke lokasi bencana. Menggelar pengobatan pasca banjir di Sampang, mendirikan dapur umum saat erupsi Gunung Agung di Bali, menerjunkan tim kesehatan dan penggalangan bantuan saat gempa di Nusa Tenggara Barat, dan sebagainya,” papar pria yang juga Ketua DPRD Jatim ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim Dr Sri Untari Bisowarno menambahkan, rakerda di Hotel Utami Sidoarjo akan diikuti 500-an kader PDI Perjuangan sebagai peserta. Antara lain perwakilan pengurus DPC dan seluruh anggota DPRD dari 38 Kabupaten/kota se-Jatim, DPRD Jatim, DPR RI dapil Jatim, dan kepala daerah-wakil kepala daerah dari PDI Perjuangfn.

Sejumlah tema terkait kepentingan masyarakat luas Jawa Timur akan dibahas dalam rakerda semisal kebencanaan, penguatan UMKM.

Sementara tema besar mengacu pada tema Rakernas I yang diselenggarakan DPP di Jakarta sebulan lalu, yakni: “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional.(r7/div)

Loading...