D-ONENEWS.COM

Fakta-fakta Terkait Bus Ziarah yang Adu Banteng dengan Truk di Gresik

Gresik (DOC) – Kecelakaan maut melibatkan bus pariwisata rombongan ziarah wali dan dump truk tronton terjadi di Gresik, Sabtu (27/1) malam. Lima orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Bus yang mengangkut warga Pasuruan itu dalam perjalanan pulang usai ziarah di makam Sunan Bonang Tuban. Kecelakaan adu banteng itu diduga karena sopir bus kelelahan dan mengantuk. Berikut sederet fakta terkait kecelakaan maut tersebut, seperti dilansir dari laman Detik:

1. Bus Ringsek-Kursi Terlempar
Kecelakaan bus dan truk tersebut terjadi di Jalan Bungah, Desa Kemangi, Bungah, Gresik pada Sabtu malam sekitar pukul 21.50 WIB. Akibat kecelakaan ini, arus lalu lintas mengalami kemacetan 2 kilometer baik dari arah Gresik maupun Lamongan.

Usai kecelakaan, beredar foto dan video kondisi bus pariwisata. Dari foto-foto yang beredar, tampak kursi bagian depan bus ringsek. Kondisi tersebut menandakan tabrakan sangat keras antara bus dan truk.

Tak hanya badan bus ringsek, sejumlah kursi juga terlihat terlempar keluar. Sementara sebuah video yang beredar memperlihatkan korban tergeletak di bawah bus.

2. Bus Angkut Rombongan Ziarah Wali
Bus pariwisata yang terlibat kecelakaan bernopol AB 7072 KN. Bus bernama Tividi tersebut mengangkut penumpang rombongan ziarah wali dari Dusun Jedak, RT 4 RW 9, Desa Karangjan, Pandaan, Pasuruan.

3. Kecelakaan dalam Perjalanan Pulang ke Pasuruan
Bus rombongan ziarah wali yang terlibat kecelakaan itu dalam perjalanan pulang ke Pasuruan. Mereka sepulang dari ziarah di makam Sunan Bonang di Tuban. Saat kecelakaan, sebagian penumpang bus dalam kondisi tertidur.

4. Sopir Ngantuk Diduga Penyebab Kecelakaan
Kecelakaan bermula saat bus dalam perjalanan pulang ke Pasuruan. Sopir bus diduga kelelahan dan mengantuk saat melajukan kendaraannya.

Sopir bus pun kurang konsentrasi. Sehingga setibanya di lokasi kejadian, bus oleng ke kanan melebihi garis markah tengah jalan.

Pada saat bersamaan dari arah sebaliknya melaju dump truk tronton bernopol L 9310 UU. Kecelakaan hebat tak terhindarkan, bus menabrak truk yang dikemudikan Adi (50) warga Bojonegoro.

5. Korban Tewas 5 Orang, 36 Luka
Korban tewas yang awalnya dikabarkan 2 orang, bertambah menjadi 5 orang. Sementara korban luka ada 36 orang.

Kepolisian mash mendata korban kecelakaan. Di mana 36 orang mengalami luka ringan dan luka berat. Termasuk sopir bus yang masih kritis.

Korban luka ringan dan luka berat masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit. Sementara korban meninggal sudah dievakuasi di RSUD Ibnu Sina. (zis)

Loading...