D-ONENEWS.COM

Flashmob Sumpah Pemuda,  Ingatkan Indahnya Keberagaman Budaya Indonesia

Surabaya,(DOC) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, sejumlah komunitas menggelar acara bersama bertajuk “Flashmob Sumpah Pemuda” di Atrium Timur Grand City Mall, Selasa (26/10/2021) sore.

Dari e-flyer yg beredar terlihat bahwa kegiatan tersebut didukung sejumlah komunitas di Surabaya, seperti WISH, KKI, ASSB, Gerilya 4 Surabaya, Emak Baperan, Walubi, FKUB, Kedaibilitas, Jogoboyo, GNJ, Ganesha, Perempuan Penghayat dan Kompii.

“Acara ini untuk mengingatkan generasi muda betapa indahnya keragaman budaya Indonesia,”ujar Ketua Pelaksana Flashmob, Renny Anjani.

Selain itu, Renny mengatakan, bahwa keberagaman budaya adalah berkah yang luar biasa dari Allah SWT untuk Bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Di tengah berlangsungnya flashmob tersebut, Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, Tjutjuk Supariono menyampaikan,
Sumpah Pemuda ini bukan hanya sekadar peringatan tahunan. Tetapi dengan adanya peringatan ini, anak-anak muda perlu untuk mengingat dan mengimplementasikan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Potensi anak muda saat ini, lanjut dia, sangat luar biasa dengan adanya internet dan digitalisasi. Jangan sampai potensi yang sudah baik ini kemudian diselipi oleh paham-paham radikal, sikap yang apatis serta acuh. “Maka, saya berharap dengan terselenggaranya event ini, kemudian dapat memupuk rasa nasionalisme anak-anak muda, untuk Kota Surabaya yang lebih baik” kata Tjutjuk.

Dia juga berharap bahwa Kota Surabaya harus menjadi kota yg anti intoleransi, menolak radikalisme dan sekaligus kota inklusi yang masyarakatnya menganggap semua warga mempunyai hak untuk diperlakukan sama dan tidak membeda-bedakan. Hal itu juga diperkuat dengan munculnya beberapa kawan-kawan disabilitas di atas panggung dan ikut menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

“Flashmob ini diikuti sekitar 100 peserta”, kata Sekretaris Panitia, Marina Lipesik. (dhi/r7)

Loading...

baca juga