D-ONENEWS.COM

Gempa 5,1 M Guncang Selatan Jawa

Ilustrasi gempa

Bandung (DOC) – Gempa tektonik mengguncang sebagian wilayah selatan Jawa, Kamis 12 Maret 2020, pukul 15.03.18 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan lindu datang dari laut berkekuatan 5,1 Magnitudo.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lewat keterangan tertulisnya menyebutkan pusat gempa atau episentrum terletak pada koordinat 9,06 LS dan 110,56 BT. “Tepatnya di laut pada jarak 113 kilometer arah barat daya Pacitan,” ujarnya, Kamis (12/3).

Sumber gempa terukur dari kedalaman 53 kilometer dan tergolong dangkal. Guncangannya dirasa di Pacitan, Ponorogo, Tulungagung, Bantul, Klaten, Wonosari dan Yogyakarta dalam skala intensitas II-III MMI. Guncangan gempa di skala ini terasa seperti getaran seakan ada truk lewat. Sementara itu di Cilacap, Trenggalek, dan Purworejo guncangan dirasakan lemah dalam skala intensitas II MMI atau setara benda-benda yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono menambahkan.

Gempa, dijelaskannya, terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Deformasi batuan terjadi di zona transisi antara zona Megathrust dan zona Benioff di selatan Yogyakarta. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme sesar turun (normal fault).(tc)

Loading...