D-ONENEWS.COM

Gempa di Malang Sebabkan 8 Orang Meninggal, 2.848 Unit Bangunan Rusak

Jakarta (DOC) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat total korban meninggal dunia berjumlah delapan orang dan 39 orang mengalami luka-luka akibat Gempa Malang berkekuatan 6,1 Magnitudo yang berdampak di wilayah Jawa Timur pada Sabtu, 10 April 2021.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati merinci korban meninggal dunia sebanyak lima orang di Kabupaten Lumajang. Kemudian tiga orang meninggal di Kabupaten Malang.

“Ada 39 orang tercatat mengalami luka-luka. Sebanyak 36 orang mengalami luka ringan, 2 orang luka sedang, dan 1 orang luka berat,” ujar Raditya, dilansir dari Tempo, Senin (12/2).

Sementara itu, dampak kerusakan di sektor pemukiman tercatat di 15 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur.

Total rumah rusak dengan kategori berbeda berjumlah 2.848 unit, dengan rincian rusak berat (RB) 642 unit, rusak sedang (RS) 845 dan rusak ringan (RR) 1.361. Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan sejumlah 179 unit.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya segera menangani dampak gempa bumi di Jawa Timur. Gempa berkekuatan 6,1 Magnitudo terjadi di wilayah Jawa Timur pada Sabtu, 10 April 2021. Gempa susulan juga terjadi di sejumlah wilayah pagi tadi.

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan dan juga Menteri PUPR serta Panglima TNI dan Kapolri beserta seluruh jajaran aparat terkait lainnya. Berikut pemerintah provinsi, pemerintah kota dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat,” ujar Jokowi, Minggu, 11 April 2021. (tc)

Loading...