D-ONENEWS.COM

Gereja Katedral Batasi Kapasitas Hanya 20 Persen Saat Ibadah Natal Tatap Muka

Jakarta (DOC) – Gereja Katedral Jakarta akan membatasi sekitar 20 persen dari kapasitas gereja bagi para jemaat yang ingin melakukan ibadah Hari Natal 2020 secara tatap muka.

Pastor Kepala Paroki Katedral Jakarta, Hani Rudi Hartoko mengatakan, Gereja Katedral Jakarta hanya menyediakan 309 kursi dari sekitar 1.000 kapasitas sebagai upaya menjaga protokol kesehatan penularan virus Corona (Covid-19).

“Kapasitas Gereja sebanyak 309 kursi itu kurang lebih 20 persen dari kapasitas total gereja, yang dibagi 200 umat di dalam gereja dan 109 umat di luar gereja, di Plaza Maria,” kata Hani dalam konferensi persnya, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (24/12).

Hani mengatakan, Gereja Katedral sudah mengantisipasi potensi lonjakan jemaat yang hadir melalui pembukaan pendaftaran melalui situs resmi. Ia mengatakan pihaknya mensyaratkan hanya jemaat yang berusia 18-59 tahun yang bisa ikut ibadah Natal secara tatap muka.

Hani juga menyatakan tak mewajibkan para jemaat yang sudah terdaftar ibadah tatap muka untuk melakukan rapid tes antigen.

“Pastur, umat yang hadir dalam keadaan sehat. Katedral Jakarta, termasuk imam dan Romo juga harus dilaksanakan tes kesehatan memastikan semua sehat. Harus 3M [menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak],” kata dia.

Selain itu, Hani mengatakan Gereja Katedral turut membatasi waktu misa Natal. Misa nantinya hanya dilakukan paling lama dalam waktu satu jam.

Setelah ibadah selesai, para jemaat wajib pulang ke rumah masing-masing karena gereja akan disemprot disinfektan.

Sementara itu, Hani mengatakan Gereja Katedral turut menyiarkan misa Natal secara daring bagi jemaat yang tak bisa menghadiri secara tatap muka. Ia pun menyarankan jemaat bisa mengikutinya dari rumah masing-masing.

“Soal cegah kerumunan, kita udah 8 bulan dan itu sudah berjalan seperti [ibadah] di hari Minggu. Enggak nambah kapasitas, kita udah terlatih dan terbiasa selama pandemi ini dan umat kita makin terdidik, yaitu kepatuhan dan ketertiban amankan diri sendiri dan sesama kita,” kata dia.

Berikut Jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta 24-25 Desember 2020

Misa Malam Natal, Kamis 24 Desember:

Misa I (tatap muka) pukul 17.00 WIB

Misa II (live streaming) pukul 18.30 WIB

Misa III (Tatap Muka) pukul 20.00 WIB

Misa Natal Jumat 25 Desember:

Misa pagi (live streaming) pukul 09.00 WIB

Misa pontifikal (tatap muka) pukul 11.00 WIB

Misa sore (tatap muka) pukul 17.00

(cnn)

Loading...

baca juga