D-ONENEWS.COM

Gubernur Khofifah Update Pasien Corona Di Jatim, 8 Orang Positif

Surabaya,(DOC) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan 6(enam) pasien yang dirawat di rumah sakit Surabaya dinyatakan positif COVID-19.

Menurut Gubernur Khofifah, kondisi enam pasien tersebut dalam keadaan sehat. “Dalam keadaan sehat, karena kalau olahraganya bagus, ketahanan tubuhnya menjadi sangat membantu. Sebetulnya yang memiliki kemampuan menjelaskan detail itu adalah tim medis,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/3/2020) malam.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, memang telah menyebutkan ada 172 kasus positif corona di Indonesia. Enam di antaranya spesimen dari Institut of Tropical Disease Unair.

Saat ditanya dari mana asal keenam pasien tersebut, Khofifah menyarankan untuk bertanya langsung pada Direktur Institute Of Tropical Disease (ITD) Unair, Prof Maria Lucia Inge Lusida.

“Sebaiknya tanya ke Prof Inge kali ya, karena beliau yang menjadi direktur di ITD di Unair. Dari enam tadi itu kebetulan keenamnya dari rumah sakit yang ada di Surabaya,” papar Khofifah.

Di kesempatan yang sama, Khofifah mengungkapkan di seluruh Jatim ada 16 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan, totalnya ada 25 warga.

Selain itu, Khofifah mengakui wabah corona ini tak bisa diprediksi. Dia meminta seluruh warganya untuk tetap tenang karena pemerintah akan melakukan langkah efektif dan efisien menangani virus ini.

“Kalau sudah menghadapi suasana di mana virus ini menyebarnya sangat betul-betul unpredictable, bisa saja orang itu tidak positif tapi carrier dan bisa saja orang ini dalam keadaan sehat, tetapi karena ketahanan tubuhnya (lemah) dia positif,” ujar Khofifah.

Khofifah meminta seluruh pihak bekerja sama membantu pemerintah. Misalnya dengan menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Kami minta masing-masing gotong royong ikut menyemprotkan disinfektan, mungkin pasar-pasar kita bisa menambah air yang mengalir dan seterusnya. Pola ini saya rasa kita gencarkan secara masif. Supaya bisa membangun pola hidup bersih dan sehat,” pungkas Khofifah.

Sementara itu, Rabu(18/3/2020) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, kembali update data pasien positif corona di Jawa Timur.

“Hasil Swab Lab 8 orang positif corona. 6 pasien dirawat di rumah sakit Tropical Disease Center Unair, sementara 2 pasien dirawat di RSUD Saiful Anwal Malang dan salah satunya meninggal dunia,” kata Khofifah dalam keterangan persnya di Grahadi, Rabu(18/3/2020).

Terdapat 29 kasus Orang Dalam Pengawasan (ODP), 11 kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 6 kasus berdasarkan hasil Swab positif (diperiksa di TDC Unair) dan 2 kasus diperiksa di Litbangkes Kemenkes.

“RSUD Saiful Anwar dan RSUD dr Soetomo telah merawat sejumlah pasien. Total rumah sakit yang disiapkan menangani pasien COVID-19 sebanyak 41 tempat. Itu termasuk RS TNI,” katanya.

Up date pasien COVID – 19 akan disampaikan secara berkala melalui Gugus Tugas Call Center COVID-19 dan Dinkes Pemprov Jatim.(hadi/div)

Loading...

baca juga