D-ONENEWS.COM

Gunung Arjuno 4 Kali Terbakar, Kobaran Api Terus Meluas

Pasuruan (DOC) – Kawasan hutan Gunung Arjuno kembali terbakar. Setelah beberapa hari kobaran api berhasil dipadamkan, kebakaran kembali terjadi di kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo.

Kebakaran kali ini terjadi di Blok Sidomulyo. Masuk wilayah administrasi Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kebakaran berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

“Lokasi yang terbakar ditumbuhi pohon cemara gunung dan semak. Luas area kebakaran belum diketahui karena masih fokus pemadaman,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Selasa (8/10/2010).

Kebakaran terjadi sejak Senin (7/10) sore dan hingga kini terus meluas. Upaya pemadaman yang dilakukan petugas terkendala medan yang sulit. Petugas harus bertaruh nyawa memadamkan kebakaran.

Selain di ketinggian 1.600 mdpl, untuk mencapai lokasi petugas harus melalui jalanan curam di antara tebing gunung. Petugas harus terus bergandeng tangan untuk mencapai lokasi.

“Lokasi kebakaran berada di turunan tebing curam,” terang Wahyudi.

Proses pemadaman kebakaran di atas gunung dilakukan dengan cara gebyok. Yakni memukul-mukul api dengan ranting dan dahan kering.

Dalam sepekan terakhir, kawasan Tahura tercatat sudah empat kali terbakar. Sebelum di Blok Sidomulyo, Kelurahan Ledug, kebakaran melanda Blok Kokopan wilayah Pasuruan dan Blok Plorotan wilayah Mojokerto. Selain itu, kebakaran juga melanda di kawasan Gunung Anjasmoro, Mojokerto. Kebakaran di tiga titik tersebut dinyatakan padam.

“Kondisi gunung memang sangat rawan kebakaran. Kondisinya kering dan mudah terbakar. Kejadian selama sepekan ini kami masih selidiki penyebabnya,” pungkas Wahyudi.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga