D-ONENEWS.COM

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 3,5 Km

Lumajang,(DOC) – Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran awan panas yang meluncur hingga 3,5 kilometer ke arah tenggara.

Guguran awan panas terjadi, Rabu (23/12/2020) sekitar pukul 15.39 WIB.

“Jarak luncur 3,5 Km ke arah tenggara. Status Gunung Semeru masih waspada, level II,” ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Dia menjelaskan luncuran awan panas tersebut masih jauh dari permukiman warga.

“Saat ini status Gunung Semeru masih waspada atau berada di level II,” jelas wawan.

Pihaknya menghimbau masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer. Lalu sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan jalur luncuran awan panas.

“Jadi BPBD mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan menjaga kewaspadaan serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara,” terang Wawan.

Wawan menambahkan, Masa tanggap darurat Bencana Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru telah berakhir pada 21 Desember 2020.

Pasca APG, BPBD melakukan asesmen lanjutan sekaligus pemasangan rambu himbauan agar warga tidak mendekat di daerah laharan. (Imam)

Loading...

baca juga