D-ONENEWS.COM

Hitung Ulang Ditiga TPS Dapil Empat Surabaya, Suara Agoeng Prasodjo Unggul

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya melakukan perhitungan ulang di tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 yang meliputi TPS-30 dan TPS-31 serta TPS-50, Senin(12/8/2019).

Perhitungan ulang yang berlangsung di gedung KPU lantai 3 jalan Adityawarman Surabaya ini, dilakukan setelah keluar mandat atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian permohonan gugatan Calon Legislatif (Caleg) Surabaya dari Partai Golkar, Agoeng Prasodjo.

“Perhitungan ini dilakukan atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara,” ungkap Agoeng, anggota Komisi C yang juga Caleg di Dapil 4 Surabaya.

Protes yang disampaikan ke MK, kata Agoeng, bukanlah tuntutan tapi soal kesalahan sistem penghitungan dari pihak penyelenggara di tingkat TPS hingga dirinya menjadi korban.

“Ya alhamdulillah hasil perhitungan ulang tadi ada penambahan suara ke saya sebanyak 69 suara. Sehingga saya dinyatakan unggul dari rekan saya Aan yang kemarin(rekapitulasi manual KOU Surabaya,red) ketambahan 47 suara. Sekarang total perolehan suara saya unggul 38 suara,” jelasnya.

Menurut Agoeng, awalnya banyak yang menilai gugatannya ke MK atas perolehan suara dikalangan Caleg Golkar adalah faktor ketidakpuasan dirinya dalam menerima hasil Pemilu 2019 lalu.

Namun sekarang terbukti, bahwa protesnya ke MK adalah faktor human error dari pihak penyelenggara saat menghitung hasil pencoblosan.

Faktor tersebut, lanjut Agoeng, dianggap wajar, karena kemungkinan petugas lelah atau mengantuk.

“Sekali lagi saya tegaskan, ini bukan kecurangan, tapi karena human error penyelenggara. Cuma saya berharap kejadian tak terulang lagi, karena dampaknya sangat fatal dan merugikan pihak lain,” tandas Agoeng.

Untuk diketahui, gugatan Agoeng Prasodjo ke MK terkait dugaan kecurangan pengurangan hasil suara yang diperolehnya, di tiga tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni  TPS 30 dan TPS 31 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan dan TPS 50 Kelurahan Simo Mulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal.

Putusan MK, memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan penghitungan suara ulang di tiga TPS Dapil 4 Surabaya.

Dengan bertambahnya suara tersebut, maka Caleg Golkar Agoeng Prasodjo kemungkinan akan dilantik lagi menjadi anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024, pada tanggal 24 Agustus mendatang.(robby/r7)

Loading...

baca juga