D-ONENEWS.COM

HKTI Jatim Beri Gelar Khofifah Ibunya Petani

Surabaya,(DOC) – Ketua PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mendapatkan gelar kehormatan sebagai ibunya petani Jatim dari HKTI (Himpunan Kerukunan Tani) Jawa Timur. Gelar ini disematkan saat DPP HKTI Jatim dibawah pimpinan Ahmad Nawardi melantik Pengurus DPK HKTI dari 38 Kabupaten/Kota serentak di Graha Sativa, Bulog Jatim, Surabaya, Minggu(10/6/2018).

Secara simbolis, Khofifah diberikan topi caping khas petani dengan tulisan HKTI. Ketua DPP HKTI Jatim Ahmad Nawardi, menegaskan, gelar Ibu Petani Indonesia bukan tanpa alasan. Lanjutnya, Khofifah melalui jaringan jamaah Muslimat NU lebih sering bersinggungan langsung dengan keluarga-keluarga petani di desa-desa. Bahkan, ketika menjadi KEtua Umum Muslimat maupun menjadi Menteri Sosial, perhatian Khofifah kepada para petani sungguh luar biasa.

“Pengetahuan dan perhatian Bu Khofifah kepada petani cukup bagus, itu yang menjadi alasan kami memberikan gelar itu,” kata Ahmad Nawardi yang mengaku sempat mengundang cagub yang lain namun belum ada konfirmasi untuk hadir. Nawardi juga menepis bila upaya ini terkait dengan ajang Pilgub Jatim.

Secara umum, kata NAwardi, HKTI Jatim ingin bekerjasama dengan siapapun pemimpin yang peduli dengan nasib petani. Agar tidak ada lagi kemiskinan di tingkat petani yang bertahun tahun tidak ada perubahan.

Anggota DPD RI ini juga mencanangkan bahwa pengurus HKTI yang dilantik ini tidak semuanya petani tua. Tapi juga ada petani muda yang agersif dan paham teknologi. “Saya menyebutnya sebagai petani jaman now, yang dapat mengubah masa depannya dengan segala bentuk hasil pertanian untuk penguatan pangan di Indonesia,” katanya.

Khofifah juga mengapresiasi gelar yang diberikan HKTI Jatim. “Selama ini saya pidato dimana-mana, ditengah Muslimat, di tengah masyarakat dan di DPR RI, tapi baru kali ini Saya ini pidato menggunakan topi capil, ini sangat bersejarah dalam perjalanan hidup saya,” ujar Khofifah, yang kemarin mendapat hadiah dari para petani sebuah topi khas petani.

Memang dalam acara pelantikan kemarin, secara simbolis semua Ketua-Ketua DPK HKTI kabupaten Kota menggunakan topi capil sebagai lambing kejayaan petani. Khofifah mengaku berterima kasih telah diajak kerjasama oleh HKTI untuk bersama-sama membangun kesejahteraan petani di Jawa Timur. “Selama ini memang, petani yang miskin adalah orang NU dan juga Muslimat, maka pertanian ini bisa kita kembangkan lebih maju lagi,” ajak Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI ini mengambil contoh sejumlah kemajuan-kemajuan pertanian di luar negeri seperti China yang bisa diadopsi untuk pertanian di Jawa Timur.  Pertanian di Jawa Timur harus familiar dan sudah mulai mencoba alih teknologi agar bisa melipatgandakan nilai tukar petani.

“Petani perlu menerapkan system Petik, olah, kemas, jual yang tentunya bisa dilakukan bersama dengan HKTI dan pemerintah, ini menjadi sebuah keharusan agar petani kita sejahtera secara ekonomi,” cetus calon Gubernur Jatim ini. “Hasil olahan petani nanti akan dijual melalui e-coomerce atau tempat jualan online seperti yang dilakukan di China dengan Alibaba.com,” ungkapnya.(r7)

Loading...