D-ONENEWS.COM

Ingin PSBB Dievaluasi, Jokowi Sampaikan Tiga Hal Penting Ini

Jakarta (DOC) – Pelaksanaan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menangani wabah Covid-19 di beberapa daerah dievaluasi oleh Presiden Joko Widodo.

“Hari ini saya ingin ada evaluasi total dari apa yang telah kita kerjakan dalam penanganan covid ini, terutama evaluasi PSBB,” ujar Jokowi saat membuka Ratas virtual yang disiarkan dari Istana Bogor seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL, Senin (20/4).

Jokowi menginginkan pemaparan konkret dari jajarannya mengenai plus minus dari penerapan PSBB ini. Dalam Ratas tersebut, Jokowi menyampaikan tiga hal yang perlu ditingkatkan oleh aparatur pemerintah dalam kaitannya dengan PSBB.

Pertama, Jokowi meminta pemerintahan daerah meningkatkan secara massif pemeriksaan sampel Covid-19.

“Ditekankan kepada seluruh provinsi, kabupaten/kota mengenai pentingnya pengujian sampel secara masif, kemudian diikuti pelacakan yang progresif dan mengisolasi yang terpapar dengan ketat. Tiga hal ini yang terus ditekankan kepada daerah,” jelasnya.

Kedua, Jokowi juga meminta layanan konsultasi medis via online (telemedicine) bisa ditingkatkan jumlahnya. Hal ini sebagai upaya, dan langkah konkret meminimalisir penukaran di tengah masyarakat.

“Saya juga sangat mengapresiasi cara konsultasi medis dengan menggunakan teknologi. Dan ini saya kira harus dikembangkan lagi, yaitu telemedicine agar ini terus ditingkatkan jumlahnya. Sehingga kontak antara pasien dan dokter bisa dikurangi,” tukasnya.

Terakhir, mengenai perbaikan sistem rujukan dan manajemen penanganan di RS. Jokowi meminta, agar pemilahan pasien dilakukan dengan baik dan terorganisir. Sehingga, RS Rujukan yang disiapkan pemerintah bisa cukup daya tampungnya.

“Ini untuk atasi over capacity dari RS rujukan yang kita miliki. Betul-betul manajemen harus diatur betul. Mana yang sakit sedang, ringan, berat dan yang butuh penanganan lebih intensif di rumah sakit,” paparnya. (rmol)

Loading...

baca juga