D-ONENEWS.COM

Ini Khasiat Pisang Menurut Sains

Jakarta (DOC) – Siapa yang tidak kenal pisang. Buah yang umumnya berkulit kuning ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan khasiat pisang untuk bisa dijelaskan oleh sains.

Meski pisang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Asia Tenggara, namun ternyata pisang juga tumbuh di berbagai tempat beriklim hangat, sehingga membuatnya selalu tersedia sepanjang tahun untuk masyarakat dunia.

Jenis pisang yang paling umum di pasaran yakni dari varietas Cavendish. Meski saat belum masak buah pisang ini berwarna hijau dan keras, namun saat telah matang, pisang ini akan berwarna kuning, rasanya sangat manis dan lembut.

Pisang kaya nutrisi penting dan bermanfaat untuk kesehatan, bahkan dapat menjadi kudapan untuk menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung serta ginjal.

Berikut ini ada 11 manfaat pisang bagi kesehatan dan khasiat pisang menurut sains, dikutip dari Kompas.com, Minggu (21/11):

1. Khasiat nutrisi pada pisang
Buah pisang mengandung banyak serat dan beberapa senyawa antioksidan. Dalam satu buah pisang berukuran biasa sekitar 126 gram, mengandung nutrisi-nutrisi ini.

Kalori: 112
Lemak: 0 gram
Protein: 1 gram
Karbohidrat: 29 gram
Serat: 3 gram
Vitamin C: 12 persen dari Nilai Harian (DV)
Riboflavin: 7 persen dari DV
Folat: 6 persen dari DV
Niasin: 5 persen dari DV
Tembaga: 11 persen dari DV
Kalium: 10 persen dari DV
Magnesium: 8 persen dari DV
Baca juga: 5 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah

2. Manfaat pisang pada kadar gula darah
Pisang kaya akan serat larut, sehingga saat di dalam pencernaan, serat tersebut akan larut dalam cairan tubuh untuk membentuk gel.

Sedangkan pada pisang mentah mengandung pati resisten, yang tidak dicerna dalam tubuh. Kedua jenis serat tersebut nantinya akan memoderasi kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, khasiat serat-serat pisang tersebut akan dapat membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Artinya, meski kandungan karbohidrat lebih tinggi, pisang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah pada orang sehat.

Kendati demikian, bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk menyantap pisang dalam porsi besar sekaligus.

3. Manfaat pisang untuk pencernaan
Manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan baik untuk usus. Khasiat pisang yang memiliki kandungan pati resisten adalah prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus atau saluran pencernaan.

Bahkan, pektin, yakni serat yang ditemukan pada pisang matang dan mentah, dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan tinja.

Beberapa studi bahkan mengungkapkan bahwa pektin dapat membantu melindungi dari kanker usus besar, meskipun penelitian pada manusia masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

4. Manfaat pisang turunkan berat badan
Memang belum ada studi yang secara langsung menguji efek atau khasiat pisang dalam penurunan berat badan.

Namun, buah pisang memiliki kandungan yang membuatnya menjadi makanan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan, yang tentunya ini terkait manfaat pisang untuk diet.

5. Khasiat pisang untuk kesehatan jantung
Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama dalam mengatur tekanan darah. Kendati penting, hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka.

Maka, pisang adalah sumber potasium yang bagus, dengan pisang ukuran sedang dapat memberikan 10 persen kebutuhan harian potasium bagi tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan pada orang yang lebih tua dan penelitian pada hewan, orang yang makan banyak potasium memiliki risiko penyakit jantung hingga 27 persen lebih rendah.

Demikian magnesium, orang kekurangan zat ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Khasiat pisang tersebutlah yang dapat mendukung kesehatan jantung kita.

6. Pisang kaya antioksidan
Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik. Pisang pun memiliki jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina.

Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti pengurangan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

7. Pisang membantu cepat kenyang
Serat larut pada pisang dapat membantu Anda tetap kenyang. Serat ini akan memperlambat pencernaan.

Kandungan pisang yang rendah kalori dan serat yang tinggi menjadikan buah ini sebagai camilan sehat yang lebih mengenyangkan daripada makanan lain, seperti camilan olahan atau makanan ringan mengandung gula.

Pisang kaya akan kalium dan memiliki kadar air tinggi, sehingga cocok sebagai cara merawat rambut kering.

8. Pisang meningkatkan sensitivitas insulin
Resistensi insulin adalah faktor risiko yang signifikan untuk beberapa penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makan pati resisten secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Misalnya, dengan menikmati pisang mentah.

Hal ini bisa membuat tubuh Anda lebih responsif terhadap hormon pengatur gula darah tersebut.

Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki bagaimana pati resisten dalam khasiat pisang dapat mempengaruhi sensitivitas insulin.

9. Khasiat pisang untuk kesehatan ginjal
Kalium tak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, tetapi juga untuk ginjal. Kalium sangat penting untuk fungsi ginjal dan mengatur tekanan darah.

Sebagai sumber makanan potasium yang baik, pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

10. Khasiat pisang pulihkan tenaga usai olahraga
Pisang kadang disebut juga sebagai makanan sempurna bagi para atlet. Sebab, sebagian besar kandungan karbohidrat dalam pisang mudah dicerna, serta mineral kalium dan magnesium bertindak sebagai elektrolit yang baik bagi tubuh.

Saat berolahraga, kita akan kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Untuk memasoknya kembali, maka tubuh akan membutuhkan kalium dan magnesium setelah berkeringat.

Kebutuhan dua mineral tersebut dapat diperoleh dari makan pisang, bahkan dengan mengonsumsinya juga dapat mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga.

Namun, penelitian khusus tentang khasiat pisang pada kinerja olahraga, kram, dan pemulihan olahraga masih kurang.

11. Manfaat pisang dalam menu makanan sehat
Pisang tidak hanya sangat sehat, tetapi juga salah satu makanan ringan yang paling mudah untuk diperoleh di sekitar kita.

Pisang juga bisa ditambahkan dalam makanan sehat untuk diet, maupun resep pisang yang dikombinasikan dengan yogurt, sereal dan smoothies. Bahkan, pisang juga bisa menjadi makanan pengganti gula. (kc)

Loading...