ISI BIMTEK DPRD KOTA BLITAR, GOGOT AJAK KALANGAN DEWAN IKUT TINGKATKAN PARMAS

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro Memberikan Materi

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Kota Blitar, di Arcadia Hotel Surabaya, Kamis (8/11). Bimtek diikuti oleh jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kota Blitar.

Tema Bimtek yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Kerja Universitas Merdeka (LPK Unmer) Malang ini, dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD. Utamanya, dalam memahami regulasi baru dan peningkatan inovasi pembangunan daerah.

Dalam paparan materinya dihadapan peserta Bimtek. Gogot menyatakan, peranan dari seluruh pihak termasuk dari kalangan dewan sangat dibutuhkan dalam Pemilu. Terutama dalam rangka untuk membantu meningkatkan partisipasi masyarakat (Parmas), agar dalam Pemilu 2019 bisa mengalami peningkatan yang signifikan.

Dia menerangkan, dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat juga diperlukan upaya kampanye yang jujur, adil, dan dialogis sesuaai dengan aturan yang diberlakukan. Aturan-aturan tersebut yang harus dipahami oleh anggota DPRD Kota Blitar, terlebih bagi mereka yang akan mencalonkan kembali.

“Yang perlu diingat, dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat, tidak hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, tetapi menjadi tanggungjawab bersama termasuk peserta Pemilu,” ujarnya.

Gogot menambahkan, para anggota DPRD Kota Blitar yang kembali mencalonkan diri, juga harus memberi edukasi kepada kalangan pemilihnya agar menjadi pemilih yang cerdas dalam Pemilu 2019. Caranya, minimal dengan menghimbau agar para pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menggunakan hak pilihnya.

“Pendidikan pemilih agar menjadi pemilih cerdas, juga tanggung jawab dari bapak ibu sekalian, terutama yang mencalonkan diri lagi. Ajak semua warganya untuk menggunakan hak pilih,” pungkasnya.

(ANI/BAY)