D-ONENEWS.COM

Jalan Yos Sudarso Bisa Dilewati Kendaraan, Dibuka Separoh Sisi Timur

Foto: Jalan Yos Sudarso sisi timur

Surabaya,(DOC) – Akses Jalan Yos Sudarso yang beberapa bulan ini ditutup oleh Pemkot Surabaya untuk pengerjaan proyek basement Alun-alun Suroboyo, akan dibuka separuh pada pukul 00.00 Wib, Minggu(1/3/2020) dini hari.

Jalan Yos Sudarso sisi timur akan bisa dilalui kendaraan bermotor. Sementara untuk ruas jalan sisi barat masih ditutup lantaran masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, dengan dibukanya Jalan Yos Sudarso sisi timur, maka alur kembali seperti dulu. Pengendara yang ingin menuju Jalan Walikota Mustajab atau Jalan Ketabang Kali dari Jalan Pemuda, bisa melewati Jalan Yos Sudarso Surabaya.

“Alurnya kembali seperti dulu, terutama dari arah Jalan Pemuda ke Jalan Yos Sudarso,” kata Irvan, Sabtu (29/2/2020).

Irvan menjelaskan, untuk rekayasa lalu lintas di Jalan Plaza Boulevard kembali 2 arah. Sedangkan Jalan Ketabang Kali sisi timur, alurnya dikembalikan seperti dulu, yakni dari barat ke timur. “Yang baru jembatan atau ramp (Jalan) Ketabang Kali ke arah Gubeng Pojok atau Pemuda difungsikan,” terangnya.

Kabid Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, sebelum Jalan Yos Sudarso sisi timur dibuka, pihaknya telah melakukan ujicoba beban jalan menggunakan beberapa kendaraan berat pada Jum’at (28/2/2020).

“Uji bebannya kita siapkan bronto (skylift) dari PMK dengan beban sekitar 60 ton, kendaraan terberat yang kami miliki. Selain bronto ada dump truck juga kapasitas 20 ton, ketiga unit yang kita siapkan untuk uji kekuatan basement ini,” kata Iman.

Menurutnya, ujicoba beban Jalan Yos Sudarso ini dilakukan untuk memastikan kekuatan jalan tersebut aman untuk dilewati kendaraan. Terutama, bagi kendaraan berat yang nantinya bakal melintas di jalan tersebut. “Jadi kita tidak mau ambil resiko, ketika nanti kalau sudah dioperasionalkan ada kendala,” katanya.

Namun, Iman menyebut, pada sisi barat Jalan Yos Sudarso, masih dilakukan penutupan, sehingga belum bisa dilewati kendaraan. Sebab, pengecoran di area ini untuk pembangunan basement alun-alun Suroboyo masih belum kering. “Nanti akan ditutup selama seminggu, karena area ini pengecorannya tidak sama dengan area yang akan dibuka, selisih seminggu,” jelasnya.

Kendati demikian, Iman memastikan, mulai Minggu (01/03/2020) pukul 00.00 Wib, Jalan Yos Sudarso pada sisi timur sudah bisa dilewati oleh kendaraan. Namun, bagi kendaraan dari arah Jalan Gubernur Suryo yang ingin menuju Jalan Walikota Mustajab atau Jalan Ketabang Kali, belum bisa melintasi di Jalan Yos Sudarso. “Besok kita buka separuh jalan (sisi timur Jalan Yos Sudarso),” pungkasnya.(robby/hm)

Loading...

baca juga