D-ONENEWS.COM

Jalur Alternatif Ternak Masuk Surabaya di Razia Petugas Gabungan Tiap Malam

Surabaya,(DOC) – Petugas dari Kecamatan Pakal dan Polsek Pakal Surabaya perketat pengawasan terhadap hewan ternak yang akan masuk ke wilayah kota Surabaya.

Petugas menggelar razia di depan Terminal Benowo Surabaya, Rabu(22/6/2022) malam. Hal ini untuk melakukan penyekatan salah satu pintu masuk ke Surabaya, karena lokasinya berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Gresik.

Jalan Raya Pakal merupakan jalur alternatif menuju wilayah Kabupaten Gresik, Lamongan dan Mojokerto. Jalur ini merupakan salah satu akses menuju tiga dari empat daerah yang terinfeksi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Hewan-hewan ternak dari daerah-daerah wabah PMK, tak di izinkan masuk ke wilayah Kota Surabaya.

Penyekatan menyasar pada kendaraan bak terbuka dan tertutup yang di pakai untuk transportasi pengangkutan ternak dari luar kota Surabaya.

Camat Pakal, Tranggono Wahyu Wibowo mengatakan, langkah ini guna meminimalisir masuknya ternak yang akan jadi hewan kurban.

“Terutama dari empat daerah yang terjangkit wabah PMK. Yakni Gresik, Lamongan, Mojokerto dan Sidoarjo,” jelas Tranggono, Kamis(23/6/2022).

“Ini juga sesuai dengan surat edaran Menteri Pertanian dan Gubernur Jatim sekaligus surat edaran Wali Kota Surabaya tentang pelaksanaan kurban di hari raya Idul Adha”, tambahnya.

Hewan-hewan ternak yang masuk wilayah Kota Surabaya, lanjut Tranggono, harus di lengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang di terbitkan oleh instansi terkait dari daerah asal.

“Bersama tiga pilar, kita akan terus lalukan penyekatan terhadap hewan ternak yang masuk Surabaya. Agar ternak yang akan di konsumsi masyarakat aman. Terbebas dari penyakit utamanya jelang Hari Raya Idul Adha,” pungkasnya.(r7)

 

Loading...

baca juga