D-ONENEWS.COM

JK Sambangi Korban Gempa Lombok, Janjikan Bangun Sekolah dan Rumah

Lombok (DOC)- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyambangi korban gempa di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). JK juga sempat memberikan bantuan Kementerian Sosial kepada keluarga korban gempa yang meninggal dunia.

JK beserta rombongan tiba di Desa Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat, NTB, Selasa (21/8/2018) sekitar pukul 10.38 Wita. JK langsung menuju tenda pengungsi dan menyapa anak-anak korban gempa.

“Sekolah baik-baik, nanti pemerintah bangun kembali sekolahnya ya. Rumah-rumahnya juga kita bantu, jangan terlalu lama tinggal di sini (tempat pengungsian). Bantu orang tuanya bangun rumah kembali ya. Baik menyanyi-menyanyi lah, tapi sambil main-main ya,” kata JK kepada anak-anak korban gempa di tenda pengungsian.

Usai berdialog dengan anak-anak korban gempa, JK kemudian memberikan bantuan santunan ahli waris korban gempa yang meninggal sebesar Rp 15 juta. Menteri Sosial Idrus Marham lalu memanggil para keluarga korban meninggal.

“Bapak Wakil Prsiden RI H.M Jusuf Kalla jadi pada saat sekarang ini di hadapan kita sudah ada perwakilan dari keluarga yang meninggal, berdasarkan laporan yang ada di sini ada 44 orang yang meninggal (di pengungsian ini), dan sudah disiapkan ada namanya santunan ahli waris. Karena itu setiap keluarga akan diberikan santunan ahli waris Rp 15 juta dan oleh karena itu pada hari ini secara resmi akan diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden RI,” ujar Idrus kepada JK.

JK lalu memberikan bantuan kepada beberapa perwakilan keluarga korban meninggal. “Pakai usaha ya, yang bermanfaat,” kata JK sambil berjabat tangan dengan keluarga korban meninggal.

JK lalu melanjutkan kunjungannya ke tenda pengungsian lainnya. Dalam sambutannya kepada warga, JK berjanji akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Namun warga nantinya hanya diberikan bantuan uang tunai untuk membangun rumahnya sendiri.

“Jadi mulai hari ini temanya Lombok bangun kembali. Jangan lagi bicara tentang kesedihan, semuanya semangat, tidak boleh ada sedih kembali,” ujar JK kepada warga.

JK awalnya diagendakan akan menggelar rapat terkait penanggulangan gempa NTB di Kantor Gubernur NTB. Namun dari Bandara Lombok JK dan rombongan langsung bertolak ke lokasi pengungsian di Lombok Barat. Usai dari lokasi pengungsian, JK kemudian menggelar rapat di Kantor Gubernur NTB.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga